Gubernur Dorong Perbankan Tingkatkan Kredit Sektor Produktif

Palangka Raya, KP – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menghimbau dan dorong perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (HIMBARA) dan PT. BPD Kalteng untuk dapat memprioritaskan dan meningkatkan kredit pada sektor-sektor produktif.

Sektor produktif itu seperti konstruksi, perdagangan (retail) khususnya UMKM, sektor Pertanian, Peternakan, Kehutanan dan lain sebagainya. Hal ini disampaikan Gubernur Kalteng saat melakukan dialog sekaligus silahturahmi dengan Pimpinan Instansi vertikal dan Perbankan di Istana Isen Mulang, Kamis (22/4).

Dijelaskan kpndisi perekonomian yang terkontraksi akibat pandemi Covid-19, pihak Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng telah dan terus melakukan berbagai upaya percepatan penanganan dampak Covid-19, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi.

Dan sejalan dengan kebijakan nasional dalam hal Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terdapat beberapa hal yang disampaikan Gubernur kepada Pimpinan Instansi vertikal dan Perbankan, salah satunya memprioritaskan dan meningkatkan kredit pada sektor-sektor prproduktif.

Berita Lainnya
1 dari 527

Setiap perbankan, agar mendukung dan menggali sektor ekonomi yang ada di Provinsi Kalteng, sebagai contoh potensi terhadap pengembangan dan pembangunan Food Estate, paparnya.

Yang bisa dikelola mulai bidang peternakan sapi dan pengembangan budidaya udang Vanamei, serta sektor-sektor lain yang dinilai potensial untuk dikembangkan. Selain itu, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan, hendaknya seluruh perbankan dapat meningkatkan pelayanan berbasis kebutuhan debitur khususnya

Berikan kelonggaran persyaratan kredit/pembiayaan/pendanaan serta memberikan keringanan pembayaran bagi UMKM, pintanya.

Tak kalah penting adalah tingkatkan pelayanan berbasis teknologi seperti sms banking, e-banking dan mobile banking untuk mendukung penerapan e-commerce atau transaksi jual beli secara elektronik, guna meningkatkan daya beli masyarakat.

Acara di Istana Isen Mulang itu juga dihadiri diantaranya Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Direktur Bank Kalteng Yayah Diasmono, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Provinsi Kalteng Hari Utomo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng Rihando, Pimpinan Perbankan dan Kepala Perangkat Daerah. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya