Permudah Akses Data dan Informasi Diskominfo Kotabaru Gelar Sosialisasi Metadata

Kotabaru, KP – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten kotabaru menggelar sosialisasi Metadata Statistik Sektoral tahun 2021, pekan tadi, di gelar di aula rapat Setda Kotabaru, Operation room, dibuka oleh Kepala Diskominfo Kotabaru, Rahadiyan riyadi, dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan covid-19, melibatkan dua narasumber, yakni Najwa Dauli dari Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Kalimantan selatan, dan Rachmat hidayat dari Bappeda, dihadiri seluruh SKPD lingkup kabupaten Kotabaru, BPS Kotabaru, dan beberapa Kecamatan terdekat.

Dalam sambutannya Rahadiyan Riyadi menyatakan bahwa, “Perkembangan tekhnologi digital saat ini memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin mengakses data dan informasi dengan tepat, dimanapun dan kapanpun”. Katanya.

Berita Lainnya
1 dari 206

Lebih jauh disampaikannya, Kepercayaan masyarakat terhadap data dan informasi yang disampaikan pemerintah juga meningkat. “Kondisi itu”, sambungnya, “merupakan tantangan yang harus dijawab dengan kualitas data yang dikeluarkan oleh pemerintah. Disinilah sosialisasi ini sangat diperlukan bagi perangkat daerah agar dapat membangun pemahaman yang sama dalam penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral, sehingga perangkat daerah dapat menyajikan data yang berkualitas dan mudah diakses.

Metadata ini, merupakan informasi terstruktur yang mendeskripsikan suatu informasi dan menjadikannya mudah ditemukan, digunakan, dan dikelola.

Tujuannya, memudahkan pengelolaan data dan informasi, memudahkan pencarian data, menghindari duplikasi, memberikan penyajian data yang akurat, dan memudahkan evaluasi informasi,” Pungkasnya. (and/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya