Ponpes Asuhan Guru Syairazi Syukuran Berbagai Fasilitas Baru Bantuan Pemkab HSS

Kandangan, KP – Pondok Pesantren (Ponpes) Puteri Dalam Pagar (Dalpa) Kandangan, kini memiliki ruang asrama, ruang belajar, pendopo serba guna dan fasilitas MCK yang baru selesai dibangun, atas bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS).

Bupati HSS Achmad Fikry, meresmikan berbagai fasilitas pendukung pembelajaran Ponpes yang beralamat di Jalan Al Falah, Kelurahan Kandangan Kota itu. Ditandai pemotongan tali pita bunga, bersama Pimpinan Ponpes Dalpa Kandangan TGH Ahmad Syairazi, Jumat (9/4/2021).

Bupati Achmad Fikry mengatakan, Pemkab HSS akan selalu siap memberikan dukungan dan bantuan kepada berbagai Ponpes di Kabupaten HSS, tak terkecuali Ponpes Dalpa Kandangan.  

Bupati Fikry mengaku bersyukur, melihat perkembangan Ponpes Dalpa Kandangan yang sangat pesat.

“Tak hanya jumlah santri yang makin bertambah, tetapi bangunannya yang merupakan eks SDN Kandangan Kota 5, telah direnovasi menjadi 2 gedung dengan 3 lantai yang cukup megah,” tuturnya.

Achmad Fikry menilai, pendidikan keagamaan yang diajarkan di Ponpes sangat penting, bahkan sejalan dengan visi dan misi Kabupaten HSS, dalam mewujudkan Kab HSS yang cerdas, inovatif, teknologis dan agamis untuk mencapai kesejahteraan dunia dan akhirat.

Pada kesempatan itu Bupati Achmad Fikry mengatakan, telah menginstruksikan OPD terkait, melakukan survei untuk kembali melaksanakan pembangunan drainase serta sarana prasarana dan utilitas (PSU).

Berita Lainnya
1 dari 528

Pengasuh Ponpes Dalpa Kandangan TGH Ahmad Syairazi mengaku gembira, atas selesainya pembangunan asrama, ruang belajar, pendopo serba guna putri dan fasilitas MCK yang sumber dananya berasal dari APBD Pemkab HSS itu. 

Guru Syairazi juga senang, atas kehadiran Bupati HSS saat peresmian dan syukuran tersebut. Ia mengatakan, syukuran dilaksanakan sebagai tanda terima kasih kepada Pemkab HSS yang selalu mendukung, membantu dan memberikan kemudahan dalam proses pembangunan fasilitas pendukung untuk pembelajaran di Ponpes Dalpa Kandangan.

Guru Syairazi menceritakan, saat jumlah santri makin bertambah, sementara kapasitas tempat tidak mencukupi, tepat pada 26 Agustus 2019 Pemkab HSS menbhibahkan bangunan SDN Kandangan Kota 5 untuk ruang belajar Ponpes Dalpa Kandangan.

Hal itu menurutnya, sangat membantu dan menggembirakan kala itu.

“Akhirnya, dapat terbangun pula 2 gedung 3 lantai dengan total 24 ruangan yang dimanfaatkan untuk ruang belajar serta asrama baru, ada pendopo serbaguna puteri, ada kolam renang serta fasilitas MCK yang didesain khusus oleh pihak Ponpes,” jelas TGH Ahmad Syairazi.

Selain menjadi tempat berkumpul untuk mengejar kebaikan seperti menuntut ilmu dan beribadah, Guru Syairazi berharap Ponpes Dalpa Kandangan menjadi tempat yang aman, sejuk bahkan menyenangkan bagi semua orang yang datang.

Kegiatan itu turut dihadiri Forkopimda Kabupaten HSS, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siti Erma, Kepala Dinas PUTR Tedy Soetedja, dan Camat Kandangan Lothvie Rahmanie. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya