Debit Air Sungai Hantakan Meningkat Masyarakat di Bantaran Sungai Waspada

Barabai, KP – Debit air sungai Hantakan di Desa Alat dan Papagaran Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mulai meningkat akibat curah hujan lebat pada pagi, Selasa (25/5/2021). 

Dari laporan Babinsa Koramil 1002-07/Batu Benawa Sertu Nasrul kenaikan air yang membawa sampah dan batang-batang pohon itu mencapai 1,5 meter dan sangat deras, ujarnya.

Sementara itu Dandim 1002/Hulu Sungai Tengah Letkol Inf Muh Ishak H Baharuddin, memerintahkan Babinsa langsung terjung ke lapangan dan melaporkan setiap perkembangan situasi dan kondisi air pada kesempatan secara herarki agar bisa diantisipasi, tuturnya.

Berita Lainnya
1 dari 491

Dandim pun menghimbau agar warga masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Barabai agar waspada tetapi tidak usah panik.

Kita akan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dalam mempersiapkan langkah-langkah  antisipasi peningkatan debit air.

Semoga cuaca cerah dan tidak hujan lagi dan debit air dapat turun hingga tidak mengakibatkan banjir, pungkasnya.

Sementara itu BPBD HST langsung menuju Desa Alat untuk memantau perkembangan air di lapangan, air sungai yang sampai di bantaran sungai Barabai air kiriman dari gunung begitu deras dan keruh kuning bercampur lumpur tana. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya