Supian HK Sarankan Pengerukan Sungai Satui

Berita Lainnya
1 dari 3.569

Banjarmasin, KP – Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu untuk melakukan pengerukan Sungai Satui, yang disinyalir tidak berfungsi sehingga menyebabkan banjir di kawasan tersebut.
“Pemkab harus memprogramkan pengerukan Sungai Satui, agar bisa mengatasi banjir yang terjadi,” kata Supian HK kepada wartawan, Senin (17/5/2021), di Banjarmasin.
Karena kondisi sungai yang dangkal tidak mampu menampung aliran air pada saat hujan, sehingga meluap dan menyebabkan banjir di kawasan Satui dan sekitarnya.
“Jadi pengerukan sungai harus diprogramkan, agar ke depan tidak terjadi banjir kembali,” ujar politisi Partai Golkar.
Apalagi musibah banjir ini kerap kali terjadi pada saat hujan turun di kawasan tersebut. “Apalagi kali ini lumayan parah, karena ketinggian air hampir menenggelamkan rumah,” tambahnya.
Supian HK mencontohkan program normalisasi sungai yang dilakukan di Kabupaten Hulu Sungai Utara, sehingga daerah yang dulunya langganan banjir tidak terdampak lagi saat hujan turun.
“Normalisasi sungai berhasil mengatasi banjir yang rutin terjadi, termasuk pembangunan kanal banjir,” tegas Supian HK.
Hal ini bisa diterapkan di Kabupaten Tanah Bumbu, untuk melakukan normalisasi dan pengerukan sungai yang dangkal, akibat aktivitas pertambangan.
“Aktivitas pertambangan membawa lumpur yang harus sering dikeruk, agar tidak menyebabkan pendangkalan sungai,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel V, meliputi Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Tabalong. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya