Pemuda Diharapkan Warisi Semangat Juang Hasan Basri

Berita Lainnya
1 dari 3.547

Banjarmasin, KP – Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK mengarapkan agar pemuda di Kalsel bisa mewarisi teladan dan semangat juang pahlawan Brigjend H Hasan Basry.
“Kita harapkan generasi muda bisa mewarisi semangat juang dalm mengusir penjajah di wilayah Kalimantan,” kata Supian HK kepada wartawan usai memperingati HUT Ke-72 Proklamasi gubernur tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Senin (17/5/2021).
Menurut Supian HK, pemuda sekarang harus bahu membahu melanjutkan perjuangan pejuang-pejuang yang telah gugur membela tanah air.
Supian HK mengungkapkan, Brigjend Hasan Basry merupakan salah satu pahlawan yang gigih berjuang dalam memimpin aksi pemberontakan terhadap penjajah Belanda.
“Peringatan proklamasi ini merupakan bagian perjuangan yang harus terus dilanjutkan oleh generasi muda sekarang,” jelas politisi Partai Golkar.
Meskipun, tidak lagi angkat senjata seperti tempo dulu namun semangat juang ini kata dia yang harus diwarisi para pemuda dalam mewujudkan cita-cita daerah dan bangsa Indonesia.
“Para pahlawan kita memang telah gugur, namun jasa mereka akan selalu dikenang,” tambah Supian HK.
Peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke-17 dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Nasional H Hasan Basry dipimpin Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA bersama unsur Forkominda lainnya, yang juga dihadiri komunitas sepeda onthel lengkap dengan atribut perjuangan.
Safrizal ZA mengatakan, Proklamasi Kalimantan yang disampaikan Brigjend TNI (Purn) Hasan Basry ini adalah bukan proklamasi berdiri sendiri, tetapi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proklamasi Republik Indonesia. “Karena pada saat itu keadaan pemerintahan Indonesia belum stabil,” kata Safrizal.
Brigjen H Hasan Basry sendiri merupakan Pahlawan Nasional Asal Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS). Beliau dikenal sebagai tokoh pejuang gerilyawan di Kalsel.
Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Ketua DPRD, H Supian HK bersama PJ. Gubernur Safrizal, di kawasan makam Pahlawan. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya