TMMD Ke-111 Hubungkan Akses Jalan Kabupaten Tala dan Banjar

Pelaihari, KP – Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-111 yang dilakukan Kodim 1009 Pelaihari di Desa Tanjung, memiliki target sasaran berupa pembukaan akses jalan sepanjang 7,2 kilometer yang akan menghubungkan Kabupaten Tanah Laut (Tala) dengan Kabupaten Banjar, hal itu Bupati Tala HM Sukamta sampaikan usai menghadiri menghadiri Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD 111 tahun anggaran 2021 secara virtual di Markas Kodim 1009 Pelaihari, Kamis (27/5/2021).

Setelah dibuka aksesnya melalui kegiatan TMMD nanti saya meminta kepada gubernur yang terpilih untuk dijadikan jalan provinsi, karena masyarakat Desa Tanjung telah berkomitmen untuk tidak meminta ganti rugi jika lahan milik mereka terkena proyek pelebaran jalan.

Ia mengaku hal tersebut memudahkan pihak Pemerintah Kabupaten Tala berkonsolidasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) agar jalan penghubung Kabupaten Tala – Banjar tersebut menjadi jalan provinsi.

Berita Lainnya
1 dari 415

Bupati juga mengatakan bahwa pembukaan kegiatan TMMD akan dilakukan pada 15 Juni 2021 dan sebelum itu akan dilaksanakan kegiatan pra TMMD,” Sebelum pembukaan diadakan dulu pra TMMD-nya sehingga nanti ketika penutupan semua pekerjaan sudah diselesaikan, tidak ada pekerjaan yang tertinggal atau tidak selesai. Kegiatan fisik selama ini kita konsolidasikan dengan baik dengan Bapak Dandim 1009 Pelaihari,”tuturnya.

Pria kelahiran Kulon Progo 57 tahun silam itu mengatakan bahwa kegiatan TMMD adalah suatu langkah bagus karena menghubungkan dua kabupaten secara langsung bukan cuma membangun pada satu desa, tapi dua kabupaten, “Saya ingin jalan ini menjadi jalan alternatif dari Banjarmasin dan Banjarbaru menuju Tanah Bumbu dan Kotabaru ataupun sebaliknya. Dan juga akan membuka ruang-ruang pertumbuhan ekonomi di wilayah Kecamatan Bajuin dan sekitarnya,”ujarnya.

Ketika disinggung mengenai Dusun Riam Pinang yang saat ini menjadi salah satu wilayah terpencil dan blank spot, “Mungkin saat ini provider-provider kita belum tertarik membangun sarana telekomunikasi disana, namun dengan pembangunan dan pembukaan isolasi yang kita lakukan nantinya pasti akan membuat provider ikut membangun disana,” jelas Sukamta. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya