Bingung PPDB Online Orang Tua Calon Siswa Datangi SMA

Kedatangan orang tua- wali calon peserta didik baru ini lantaran menghadapi kendala dalam mendaftar PPDB melalui sistem online

BANJARMASIN, KP – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri secara serentak membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online 2021. Pendaftaran melalui online di website kalsel.siap-ppdb.com.

Sejak hari pertama dimulainya pendaftaran Senin (28/6/2021) tak banyak orang tua atau calon siswa yang hadir ke sekolah. Kendati seluruh SMA Negeri di Banjarmasin membuka layanan informasi atau helpdesk di tiap sekolah.

Seperti layanan informasi PPDB yang dibuka SMA Negeri 5 Banjarmasin. Layanan informasi atau helpdesk PPDB sendiri cukup dimanfaatkan sebagian orang tua/wali calon peserta didik baru.

Kedatangan orang tua/ wali calon peserta didik baru ini lantaran menghadapi kendala dalam mendaftar PPDB melalui sistem online.

Masalah dihadapi diantaranya dari kesulitan masuk ke jaringan internet atau karena kesalahan sejumlah format persyaratan mutlak mendaftar PPDB secara online.

” Saya bingung meski sejak hari pertama dibuka pendaftaran sudah mendaftar sistem online, namun jawaban masih dalam proses verifikasi,” kata Darmawati salah seorang calon siswa baru SMA yang ingin memasukan anaknya ke SMA Negeri 5.

Setelah mendapatkan layanan Darmawati sangat terbantu, karena persyaratan yang diajukan dalam PPDB online ada kesalahan.

Berita Lainnya
1 dari 3.204

” Seperti dalam pembuatan SPTJM (Surat Pertanggungjawaban Jawaban Mutlak),” ujarnya.

Sementara di loket layanan informasi yang dibuka SMA Negeri 5 yang beralamat di kawasan Jalan Sultan Adam ini dengan menerapkan protokol kesehatan ketat ini.

“ Di SMA Negeri 5 ini kami membuka layanan informasi untuk membantu orang tua yang kesulitan mendaftarkan anaknya masuk PPDB melalui sistem online,” kata Abdul Hakim salah seorang guru SMA Negeri 5 Banjarmasin kepada {KP} Selasa (29/6/202).

Ia juga mengatakan, layanan secara khusus juga diberikan kepada orang tua yang mendaftarkan anaknya terkendala karena tidak punya HP.

Menurut Abdul Hakim dibukanya layanan informasi ini sangat membantu orang tua yang mendaftarkan anaknya masuk PPDB melalui sistem online.

“Kendati hingga Selasa atau hari kedua pendaftaran, tidak banyak orang tua yang datang meminta layanan,” ujarnya.

Disebutkan di SMA Negeri untuk PPDB tahun 2021 ini tersedia formasi sebanyak 288 siswa baru.

PPDB SMA tersedia empat jalur yaitu zonasi, afirmasi, prestasi, dan mutasi atau perpindahan orang tua/wali.

Sementara, khusus pendaftaran jalur KKO atau Kelas Khusus Olahraga sudah selesai dan diisi para siswa baru yang berprestasi. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya