Bupati Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Martapura, KP – Bupati H Saidi Mansyur bersama Forkopimda, Wakil Bupati H Said Idrus Al Habsyie, Sekdakab HM Hilman, mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara daring, di Command Center MANIS, Martapura, Selasa (1/6).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Presiden Joko Widodo pada peringatan yang digelar secara luring dan daring diikuti seluruh pimpinan daerah tersebut. Presiden sendiri mengenakan pakaian adat dari Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel.

Mengusung tema ”Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia Tangguh”, Presiden Jokowi mengatakan, walau Pancasila telah menyatu dalam kehidupan sepanjang RI berdiri, namun tantangan yang dihadapi tidaklah ringan.

“Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 577

Yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi. Menurut Presiden, Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dia juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda dan seluruh rakyat untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila.

“Ini guna mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” tambahnya.

Dalam upacara tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila. Sementara Ketua DPR Puan Maharani membacakan naskah Pembukaan UUD 1945. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya