Bupati :“Tak Perlu Buka Warung, Cukup Jualan Dagangan dengan Handphone”

Tanjung, KP – Di era digital seperti ini, terlebih dengan adanya pandemic Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) pedagang tidak perlu membuka warung, cukup dagang lewat Handphone (HP) sudah cukup.

Hal itu, sebagaimana diungkapkan Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, saat launching kartu kendali Liquified Petroleum Gas (LPG) 3 Kilogram bersubsidi bagi Rumah Tangga Sasaran dan Usaha Mikro belum lama tadi di Tanjung.

Menurut Anang, dengan adanya pandemi Covid-19 masih terdapat kemudahan yang didapatkan, yaitu didukung oleh digitalisasi. “Pentingnya digitalisasi, kita tidak memerlukan lagi membuka warung di depan rumah, cukup menggunakan handphone,” ujarnya.

“Upaya kita dalam mengembangkan usaha jangan menunggu berakhirnya Covid-19,” ungkap Anang.

Terkait kemudahan dalam mendapatkan LPG 3Kg agar dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha. Orang nomor satu di Kabupaten Tabalong ini juga mengatakan bahwa sekarang angka Covid-19 di Tabalong paling rendah se Kalimantan Selatan.

Berita Lainnya
1 dari 273

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan (Disperindag) Tabalong, Husin Ansari menjelaskan, kategori yang mendapatkan kartu kendali LPG tersebut, pertama diharuskan masyarakat Tabalong, kedua termasuk dalam data Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Dinas Sosial, ketiga masuk kategori usaha mikro yang terdapat di Dinas Koperasi UKM dan Dinas Perdagangan.

“Bagi masyarakat miskin yang tidak terdata, atau pelaku usaha mikro yang tidak masuk di data dapat melaporkan ke Dinas terkait,” ungkapnya.

Sebelumnya, untuk menertibkan pendistribusian LPG 3 Kilogram yang diperuntukkan kepada masyarakat miskin Disperindag  Kabupaten Tabalong sosialisasikan Kartu Kendali LPG 3 Kilogram di wilayahnya.

Untuk pemberlakuan Kartu Kendali LPG 3 Kilogram ini pihak Disperindag Kabupaten Tabalong merencanakan pada awal Juni 2021 mendatang. Untuk menunjang penerapan kartu kendali, menurut Husin pihaknya juga sudah meminta data terkait penerimanya ke instansi terkait.

Dalam kesempatan itu, Kadisperindag Kabupaten Tabalong ini menambahkan bahwa penyerahan kartu kendali juga mereka rencanakan diserahkan sebelum launching pada Juni mendatang. “Sebelum launching sudah diserahkan kepada masyarakat dan pelaku usaha mikro” tandas Kadisperindag Kabupaten Tabalong.

Sebagai pilot project penerapan Kartu Kendali LPG 3 Kilogram bersubsidi ini Disperindag Kabupaten Tabalong menunjuk  Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya