Rakor Kepala Desa Jadi Kegiatan Rutin Bulanan

Pelaihari, KP – Rapat Koordinasi (Rakor) menjadi hal yang sangat penting untuk seluruh kepala desa agar dapat mengambil kebijakan strategis yang memiliki dampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat di masing-masing desa dan berpihak kepada masyarakat kecil. Hal ini disampaikan Bupati Tanah Laut H.M. Sukamta dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut (Tala) H. Bambang Kusudarisman dalam kegiatan Rakor Kepala Desa Se-Kecamatan Takisung, bertempat di Wisata Mangrove Desa Pagatan Besar, Senin (28/6/2021).

“Saya apresiasi Camat Takisung karena selalu rutin dalam kegiatan bulanan untuk melaksanakan Rakor kepala desa, ini bisa membuat suatu daerah selalu kompak dan bisa saling berbagi informasi,” ucap Bambang.

Ia menambahkan, para kepala desa juga harus dapat mengembangkan potensi potensi yang ada di daerahnya sendiri misalnya usaha kecil menengah seperti industri kerajinan dan rumah tangga, pengembangan areal pertanian dan perkebunan sektor pariwisata serta usaha peternakan dan perikanan.

“Kita dapat ambil contoh seperti Desa Pagatan Besar yang terus berkembang dengan Wisata Alam Mangrove, saya harap desa yang lain juga dapat mengembangkan potensi yang ada,” ucapnya.

Bambang juga mengingatkan kepada kepala desa untuk selalu mengingatkan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap bahayanya Covid-19, Pemerintah Kabupaten Tala juga tidak henti-hentinya untuk selalu mengingatkan dan mengedukasi masyarakat agar mentaati protokol kesehatan.

Berita Lainnya
1 dari 443

“Kasus penyebaran Covid-19 sekarang terus bertambah, mari seluruh kepala desa untuk selalu mengingatkan warganya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang selalu diingatkan dan diedukasi oleh pemerintah daerah,” tutur Bambang.

Yudo Restanto selaku Camat Takisung saat diwawancarai mengungkapkan rakor kepala desa ini memang rutin dilaksanakan sebagai ajang komunikasi dan silaturahmi antar kepala desa Se-Kecamatan Takisung beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Takisung, puskesmas, KUA dan penyuluh pertanian.

“Sehingga berbagai macam permasalahan-permasalahan maupun isu-isu strategis di desa bisa dikomunikasikan dan dicarikan jalan keluar bersama,” ucap Camat Takisung.

Rakor kepala desa sendiri dalam setiap bulan selalu berpindah-pindah lokasi, seperti bulan ini giliran Desa Pagatan Besar yang menjadi tuan rumah, sekaligus mengenalkan dan membagi ilmu terhadap Wisata Mangrove yang mulai berkembang dan dilirik wisatawan.

“Jadi hari ini selain rakor kita juga sekalian melihat wisata baru yang dikembangkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pagatan Besar, semoga bisa terus berkembang,” pungkasnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya