Kadisdik Akui Pendaftar PPDB di Banjarmasin Menurun

Banjarmasin, KP – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto mengakui, bahwa jumlah pendaftar pada Penerimaab Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini cenderung mengalami penurunan.

Hal itu diketahuinya usai meninjau proses PPDB di beberapa sekolah, baik di jenjang Sekolah Pendidikan Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD).

“Kita sempat mantau juga di SMPN 10, SMPN 9 dan SMPN 2. Temuannya memang ada orang tua yang tidak biasa mendaftar dengan aplikasi,” ungkapnya, saat ditemui awak media di lobi gedung Balai Kota, Senin (28/06) siang.

Disisi lain, Totok mengakui bahwa jumlah peserta didik setiap tahun cenderung mengalami penurunan. Ia justru menilai, bahwa kondisi ini menunjukkan keberhasilan program Keluarga Berencana (KB) dari Pemerintah.

Berita Lainnya

Satgas Belum Rekomendasikan PTM

1 dari 3.201

“Tahun-tahun kemarin zonasi hari pertama sudah banyak. Jumlah orangnya juga memang berkurang. Tahun lalu yang lulus SD sederajat itu ada 11 ribu siswa. Sekarang cuma 10 ribu saja. Tapi nanti kita lihat sampai akhir jadwal,”

Disamping itu, faktor lain yang juga membuat jumlah peserta didik berkurang adalah kecenderungan orang tua yang memilih sekolah keagamaan untuk anaknya. Misalnya pondok pesantren ataupun sekolah-sekolah swasta.

“Karena kondisinya seperti ini, saya sangat yakin kuota PPDB tahun ini tidak akan terpenuhi,” tandasnya.

Sekedar diketahui, sesuai Juknis yang dikeluarkan oleh Disdik Kota Banjarmasin, pelaksanaan PPDB jalur zonasi dan perpindahan orang tua dilaksanakan mulai Senin, (28/06/) hari ini hingga tanggal 30 Juni 2021.

Kuota yang tersedia untuk jalur zonasi sebanyak 4.585 siswa. Ditambah sisa kuota yang tidak terpakai pada jalur afirmasi dan prestasi yang diselenggarakan sebelumnya sebanyak 488 siswa. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya