Masalah Stunting di Kalteng Harus Diintervensi

Persoalan stunting bukan sekedar masalah kesehatan dan gizi yang buruk tapi juga aspek tak langsung penyebab lainnya. Oleh karena itu, intervensi untuk mencegah stunting bukan hanya terkait dengan Kesehatan dan gizi, tetapi juga dengan bidang lainnya.

PALANGKA RAYA, KP — Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran menyatakan Kalteng saat ini sedang dihadapkan pada masalah stunting.

Karena itu peran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD,) dalam 1000 hari pertama kehidupan sangat penting cegah stuntinh. Hal ia disampaikan saat membuka Sosialisasi Pengembangan Program PAUD Berkualitas dengan Layanan Holistik Integratif, di Palangka Raya, Selasa (22/6).

Dipaparkan, persoalan stunting bukan sekedar masalah kesehatan dan gizi yang buruk tapi juga aspek tak langsung penyebab lainnya. Oleh karena itu, intervensi untuk mencegah stunting bukan hanya terkait dengan Kesehatan dan gizi, tetapi juga dengan bidang lainnya.

Peran PAUD menjadi sangat penting sebagai forum untuk memberikan edukasi tentang pola makan, pola asuh dan pola sanitasi kepada para orang tua terutama dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan. PAUD juga penting untuk memberikan stimulasi bagi perkembangan kognitif dan tumbuh kembang anak.

Berita Lainnya
1 dari 530

Usia dini merupakan usia emas tumbuh kembang anak. Investasi pada usia dini merupakan investasi bernilai paling tinggi. “Tumbuh kembang anak pada usia dini menentukan kehidupan mereka selanjutnya”, ujarnya.

Ivo Sugianto Sabran menekankan pendidikan PAUD merupakan kunci dari keberhasilan pembangunan SDM sepanjang hayat. Peningkatkan kualitas dan kompetensi guru PAUD sangat diperlukan mengingat tenaga pendidik PAUD harus sensitif gizi dan mampu mendorong stimulasi, baik terkait pola makan, pola asuh, maupun sanitasi.

Karena itu pentingnya peningkatan kapasitas guru PAUD memerlukan komitmen Kepala Daerah sampai Kepala Desa, termasuk diantaranya organisasi mitra seperti Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) dan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI).

Pegembangan anak usia dini holistik dan Integratif adalah Pengembangan anak usia dini yang dilakukan berdasarkan pemahaman untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan dan sistematis.

Ivo mengajak bersama-sama memberikan yang terbaik untuk Pendidikan PAUD di Bumi Tambun Bungai ini, ciptakan inovasi dalam program yang di rencanakan dengan baik, saling menyemangati, saling mendukung, tambah wawasan kita dan tentunya tambah prestasi.

Sosialisasi ini dihadiri dan diikuti secara virtual dari tempat masing-masing oleh Ketua Pokja Bunda PAUD Prov. Kalteng dan Kabupaten beserta seluruh jajaran Pengurus, peserta Sosialisasi dari unsur Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Se-Kalteng. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya