Partisipasi Meningkat 10% di Bansel

Banjarmasin, KP – Dibandingkan dengan Pilkada 9 Desember 2020 lalu, angka partisipasi pemilih di Banjarmasin Selatan (Kalsel) pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) kalsel pada Rabu 9 Juni lalu mengalami kenaikan.

Berdasarkan persentase, jumlah pemilih di Kecamatan Bansel pada perhelatan PSU Pilgub Kalsel 2020 kemarin mencapai 68,15 persen. Sedangkan pada saat Pilkada sebelum PSU, persentase pemilih di Kecamatan Banjarmasin Selatan hanya sebesar 57,25 persen.

“Ada kenaikan 10 persen lebih kenaikannya,”ucap Koordinator Divisi (Kordiv) Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Banjarmasin, Taufiqurrakhman saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon, Senin (21/06) pagi.

Ia menganggap, bahwa meningkatnya partisipasi pemilih saat PSU ini dikarenakan gencarnya kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU.

“Dari KPU Kalsel melakukan sosialisasi melalui media sosial, spanduk-spanduk dan sebagainya. Kemudian kita di KPU Banjarmasin juga melakukan sosialisasi langsung selama beberapa hari yang melibatkan RW, RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga pemilih pemula,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 3.234

Pria dengan sapaan Taufiq itu pun menerangkan meningkatnya partisipasi pemilih di Kecamatan Banjarmasin Selatan tersebut menandakan bahwa kesadaran masyarakat dalam memilih pemimpin juga meningkat.

“Kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak politiknya dalam memilih pemimpin sesuai dengan keinginannya juga meningkat, meskipun sebenarnya ini diulang (PSU),” jelasnya.

Tidak kalah penting juga dibeberkan oleh Taufiq, meningkatnya partisipasi pemilih di PSU Pilgub Kalsel 2020 ini juga seiring dengan meningkatnya partisipasi pemilih pada PSU Pilwali Banjarmasin 2020.

Pasalnya pada PSU Pilwali Banjarmasin 2020 yang dilaksanakan pada Rabu (28/4/2021) di tiga kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan (Mantuil, Murung Raya, Basirih Selatan) juga meningkat.

“Jadi untuk PSU Pilwali Banjarmasin dan PSU Pilgub Kalsel 2020, partisipasi pemilih dengan lokusnya di Kecamatan Banjarmasin Selatan meningkat,” tutupnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya