Pelantikan Perdana Pengurus Daerah IKA Poltekim di Kanwil Kemenkumham Kalsel

Banjarmasin, KP – Meski sempat tertunda akibat pandemi Covid-19, pada hari Rabu (2/6/21) bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, dengan disaksikan oleh Tejo Harwanto selaku Kepala Kantor Wilayah, Prof. Dr. M. Iman Santoso selaku Ketua Umum Ikatan Alumni Politeknik Imigrasi melantik Kepengurusan Daerah Ikatan Alumni Politeknik Imigrasi (IKA Poltekim) Kalimantan Selatan Periode 2019-2024.

Sebagai informasi, IKA Poltekim merupakan wadah Ikatan Alumni Pendidikan Pejabat Imigrasi dari Politeknik Imigrasi (Poltekim). Sedangkan Poltekim sendiri merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang menyelenggarakan pendidikan profesional kedinasan, terutama diarahkan pada penerapan keahlian, dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian.

Selaku Ketua IKA Poltekim, Prof. Dr. M. Iman Santoso melantik Teodorus Simarmata, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel selaku Ketua Pengurus Daerah IKA Poltekim Kalimantan Selatan. Teodorus Simarmata nantinya tidak bekerja sendiri sebagai Ketua Pengurus Daerah IKA Poltekim Kalimantan Selatan, ia turut didampingi oleh Sahat Pasaribu yang dilantik sebagai Wakil Ketua, I Gusti Bagus M. Ibrahiem sebagai Sekretaris, dan pejabat imigrasi lainnya yang mengisi struktur kepengurusan IKA Poltekim di Kalimantan Selatan.

Pelantikan pengurus di Kalimantan Selatan merupakan kepengurusan IKA Poltekim di tingkat daerah yang pertama dilantik setelah Direktur Jenderal Imigrasi, Jhoni Ginting, melantik dan mengambil sumpah Dewan Pembina dan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Politeknik Imigrasi pada Rabu 11 November 2020 di Gedung Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI.

Berita Lainnya

Lanjutkan Proyek Pelebaran Jalan Mesjid Jami

1 dari 3.539

Prof. Dr. M. Iman Santoso menyampaikan bahwa kehadiran IKA Poltekim diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang nyata bagi kemajuan almamater Poltekim dengan melibatkan segenap komponen alumni yang ada di daerah, khususnya Kalimantan Selatan baik yang masih aktif maupun sudah tidak aktif di kedinasan.

“IKA Poltekim diharapkan dapat hadir sebagai mitra kedinasan dan mitra bagi Poltekim dengan berperan dalam memberikan saran dan menggali potensi guna menghasilkan sumber daya manusia di bidang keimigrasian yang profesional dan berkualitas,” tandasnya.

Tidak lupa Prof. Dr. M. Iman Santoso selaku Ketua Umum Ikatan Alumni Politeknik Imigrasi mengucapkan selamat bertugas kepada segenap Pengurus Daerah IKA Poltekim Kalimantan Selatan periode 2019-2024 dan mengucapkan terima kasih atas dukungan dan fasilitas yang telah diberikan oleh Tejo Harwanto selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAK Kalimantan Selatan yang juga berperan sebagai Pelindung bagi Kepengurusan IKA Poltekim di Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama pada Kanwil Kemenkumham Kalsel, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, JFT, dan JFU di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan serta para pejabat Kantor Imigrasi Banjarmasin dan Kantor Imigrasi Batulicin.

Untuk diketahui, Poltekim berdiri pada tahun 1962 dan sebelumnya dikenal dengan nama Akademi Imigrasi (AIM) yang pada saat itu lulusan AIM masih setara dengan lulusan Diploma III. Terkini, proses pendidikan di Politeknik Imigrasi sudah berubah drastis dengan adanya peningkatan strata taruna yang lulus di Poltekim menjadi Diploma IV.

Tidak hanya itu, Politeknik Imigrasi juga terbagi menjadi 3 program studi, yaitu Hukum Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, dan Manajemen Teknologi Keimigrasian. (KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya