Pelantikan Wali Kota Tunggu PSU Gubernur

Banjarmasin, KP – Pelantikan pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banjarmasin tahun 2020 sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih di Pilkada Kota Banjarmasin, belum menemui titik terang.

Kabar terakhir yang didapat, rekomendasinya masih berproses di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Disamping itu, juga ada kabar yang beredar bahwa pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, kemungkinan akan digelar pada Minggu (6/6), atau Senin (7/6) mendatang.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) di Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Dolly Syahbana langsung menepis kabar tersebut.

Pasalnya, hingga saat ini, pihaknya sama sekali belum menerima kabar terkait pelantikan pasangan yang bakal menduduki posisi tertinggi dalam Pemerintahan Kota Banjarmasin tersebut.

“Belum ada kabar atau informasi yang kami terima sampai sekarang. Tinggal menunggu persetujuan Mendagri, kemudian tinggal Pj Gubernur Kalsel untuk melantik,” ucapnya, Jumat (4/6) siang melalui sambungan telepon.

Ia lantas meminta agar setidaknya menunggu selama dua atau tiga hari ke depan. Lantaran saat ini menurutnya masih berproses di Kemendagri RI.

Berita Lainnya
1 dari 2.987

Ditanya terkait kapan kemungkinan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin digelar, pihaknya memprediksi kemungkinan itu terjadi seusai Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel selesai.

“Mungkin setelah 9 Juni nanti. Kemungkinan besar kan Pj Gubernur yang melantik. Sedangkan saat ini, Pj Gubernur memerintahkan Pj Wali Kota untuk mensukseskan PSU. Mungkin saja setelah itu,” jelasnya.

Lantas, bagaimana tanggapan Wali Kota terpilih?

Terkait pelantikan itu, Ibnu Sina hanya bisa berharap bahwa semoga pelantikan yang masih menunggu rekomendasi dari Mendagri RI, itu bisa segera dilaksanakan.

Kendati demikian. Menurut Ibnu, kapan pun hal itu datang, pada intinya dirinya bersama sang Wakil Wali Kota terpilih yakni Arifin Noor siap melaksanakan tugas.

Ia pun berharap, seluruh jajaran Pemerintah Kota Banjarmasin juga mendukung program Banjarmasin Baiman II atau Baiman dan Lebih Bermartabat yang disokong keduanya.

Di sisi lain, Ibnu juga mengatakan bahwa ia dan sang wakil terpilih juga bakal langsung tancap gas saja seusai dilantik. Mengingat waktu yang tersisa sangat singkat, yakni hanya 3,5 tahun.

“Karena tahun 2024 kita melaksanakan Pilkada serentak lagi. Tapi insyaallah, dengan dukungan seluruh warga kota dan semua pihak, kami yakin bisa berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya.

Disamping itu, ia juga mengucapkan banyak terimakasih lantaran banyaknya dukungan, doa serta ucapan selamat yang diberikan padanya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya