Pengobatan Kanker, RSUD Hasan Basry Kini Bisa Kemoterapi Bedah Onkologi

Kandangan, KP – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hasan Basry Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kini memiliki layanan kemoterapi bedah onkologi untuk pengobatan kanker.

Pengobatan itu ditunjang dengan pemeriksaan immunohistokimia, untuk memastikan jenis kanker dan pengobatan yang paling cocok untuk pasien kanker.

Pelayanan itu diresmikan Bupati HSS Achmad Fikry Jumat (11/6/2021) pagi, beserta diresmikan pula laboratorium polymerase chain reaktion (PCR), yang ditandai pemotongan pita melati.

RSUD berbasis syariah pertama di Kalsel itu, terus meningkatkan dan menambah pelayanannya tahap demi tahap. Diharapkan, kehadiran pelayanan itu bisa membantu meringankan beban pasien.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, adanya pelayanan itu dapat mengatasi berbagai kendala yang dihadapi, terutama pasien penderita kanker di Kabupaten HSS dan sekitarnya, yang sebelumnya harus berobat ke rumah sakit di luar daerah. 

“Masyarakat Banua Anam tidak perlu lagi jauh-jauh ke Banjarmasin, cukup di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan untuk pengobatan dengan kemoterapi,” tutur Achmad Fikry.

Berita Lainnya
1 dari 502

Bahkan ungkapnya, pelayanan kemoterapi tersebut juga sudah didukung asuransi BPJS Kesehatan, sehingga dapat meringankan biaya pengobatannya bagi masyarakat.

Direktur RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan Rasyidah mengungkapkan, terdapat sekitar 450 pasien kemoterapi dari HSS dan kabupaten tetangga

yang selama ini harus periksa ke RSUD Ulin Banjarmasin.

“Adanya pelayanan kemoterapi ini, diharapkan dapat memotong biaya dan jarak kepada pasien yang melakukan pengobatan,” jelasnya.

Sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19, RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan juga sudah memiliki laboratorium PCR, untuk memastikan hasil pemeriksaan dengan tepat. 

Pada kesempatan itu, diluncurkan pula dua inovasi yakni aplikasi G-POT dan Si Idah Pedalaman yang akan memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan rumah sakit. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya