Penjabat Tapin Ikuti Bimbingan Sakip dan Rerformasi Birokrasi

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Bagian Organisasi menggelarBimbingan Teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB), dalam rangka untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada Aparatur Sipil Negara Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin yang ditugaskan dalam membuat penyusunan laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Bimtek berlangsung 2 (dua) hari mulai Rabu – Kamis 16 – 17 Juni 2021 bertempat Aula Hotel Aston Kab Banjar dibuka secara resmi Oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, mengapresiasi pelaksanaan bimtek ini, karena berdasarkan penilaian tim evaluator kementrian PAN RB pemerintah daerah harus menyusun langkah perbaikan dalam rangka peningkatan sakip dan repormasi birokrasinya. Salah satunya adalah perbaikan yang berfokos pada peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang menangani sakip.

Oleh karenanya kepada SKPD yang hadir agar dapat memperhatikan bimbingan teknis dengan baik, karena penyusunan laporan untuk mewujudkan akuntabilitas pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah daerah yang akuntabel transparan partisifatif efektif dan efesien.

“Simak Bimtek dengan baik agar dalam menyusun laporan tidak memiliki kesalahan, ” tegas Bupati.

Bupati dua periode ini juga menekankan, bahwa sakip jangan jalan ditempat, harus memiliki Input dan qutput yang jelas dan mencapai sasaran. Hal ini dikarenakan dalam membuat laporan merupakan tanggung jawab SKPD terkait, dan sesuai dengan anggaran yang diminta.

“Jangan meminta anggaran yang besar namun hasilnya tidak jelas,” Ujar Bupati.

Berita Lainnya
1 dari 265

Bupati bahkan meminta SKPD hanya perlu memiliki sedikit kegiatan atau program namun bermanfaat bagi daerah dan masyarakat, sehingga anggaran yang dikeluarkan tidak sia – sia.

Pada kesempatan baik ini mengajak, agar kita semua sama-sama membenahi memperbaiki dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara Kepala Bagian Organisasi setda Tapin Hj Nai’mah melaporkan bimbingan teknis Sakip dan Reformasi Birokrasi dikuti penjabat di Satuan Organisasi Perangkat Daerah Tapin yaitu Sekretaris dan Kasubbag Program.

Bimbingan teknis berlangsung dua hari mulai hari ini 16 dan 17 Juni 2021 bertempat Aula Hotel Aston Kab Banjar.

Tujuan diselenggarakan Bimtek untuk mewujudkan akuntabilitas pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah daerah dan memberikan informasi kepada pihak internal maupun eksternal organisasi yang berkepentingan dan berwenang.

“Dengan adanya bimtek sakip ini untuk memberikan pengetahuan dan informasi mengenai laporan kinerja masing – masing SKPD,” Ujarnya

Ditambahkannya juga untuk narasumber sendiri yakni Inspektorat Provinsi kalsel, Bappelitbang Tapin, Inspektorat Tapin.

Turut hadir Sekda Tapin, Kepala Insfektorat Prov Kalsel, Staf Ahli Bupati Kepala Inspektorat Tapin dan Penjabat Lingkungan Pemkab Tapin. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya