BSRS Disalurkan
Menjadi Layak Huni 134 Rumah di HSS Diperbaiki

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyerahkan secara simbolis, Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) Jumat (2/7/2021) pagi, untuk masyarakat yang kurang mampu di Desa Bariang, Kecamatan Kandangan.

Penerima BSRS di Kabupaten HSS tahun 2021 ini, sebanyak 134 orang yang tersebar di delapan desa dan kelurahan.

Masing-masing penerima BSRS akan mendapatkan dana sebesar Rp 20 juta tiap rumah, dengan rincian Rp 17,5 juta untuk biaya bahan bangunan, dan Rp 2,5 juta untuk upah bagi kelompok masyarakat swadaya. Pengerjaannya, wajib dilaksanakan scara swadaya.

BSRS yang diberikan kepada warga yang kurang mampu itu, merupakan program yang disalurkan melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH).

Bupati HSS Achmad Fikry menuturkan, BSRS diberikan sebagai upaya pemerintah mempercepat terpenuhinya pembangunan rumah-rumah yang layak di Kabupaten HSS.

Dijelaskannya, untuk mendapatkan BSRS syaratnya cukup ketat, yakni harus punya penghasilan, dan memiliki tanah sendiri. Hal itu berbeda dengan bantuan rehab rumah dari program lain.

Berita Lainnya
1 dari 528

Achmad Fikry berharap, program BSRS yang disalurkan bisa mempercepat terpenuhinya masyarakat dalam memiliki rumah layak huni.

“Semoga dengan bantuan dana sebesar Rp 20 juta, mereka bisa membangun rumah layak huni, ketimbang yang saat ini,” ucapnya, mendoakan.

Kepala Dispera KPLH Kabupaten HSS Ronaldy Prana Putra menjelaskan, ketentuan dalam mendapatkan BSRS bersifat dinamis. 

“Kalau rumah rusak di bawah 10 tahun maka akan dikoordinasikan dengan Dinas Sosial, agar segera diperbaiki menjadi layak huni,” ujar Ronaldy.

Ronaldy menyebutkan, totol rumah yang sudah direhab Pemkab HSS ada sebanyak 1.349 buah yang terdiri dari program BSRS, BRS dan Rumah Sejahtera Dinas Sosial.

Penyerahan bantuan sekaligus peninjauan rumah penerima bantuan itu, turut dihadiri Kepala Bapelitbangda M Arliyan Syahrial, Kepala Dinas PMD Susilo Adianto, Kepala Satpol PP Iwan Friady, Kepala Dinas Sosial Nordiansyah, Kepala Dinas Kominfo Rahmawaty, Sekretaris Dinas PUTR Subagyo, dan Camat Kecamatan Kandangan Lothvie Rahmanie. (tor/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya