Dispora Kalsel gelar Kompetisi POPDA SOINA tahun 2021

Dispora Kalsel menggelar Kompetisi POPDA SOINA 2021, dilangsungkan di Banjarbaru dan Martapura, mempertandingkan 10 cabang olahraga, dari tgl 1-4 Juli 2021.

Banjarmasin, KP – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Kalimantan Selatan, H Hermansyah membuka secara resmi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) SOINA (Special Olimpics Indonesia), di aula BKD Kabupaten Banjar di Jl Menteri Empat Martapura, Kamis (1/7/2021) petang.

Kompetisi Pekan Olahraga Daerah Special Olympics Indonesia (SOlna) Kalimantan Selatan pada hari ini Kamis (1/7/2021) sore dimulai. Lomba digelar di Banjarbaru, Martapura, Kiram pada 1 – 4 Juli 2021.

Kadispora Kalsel H Hermansyah mengharapkan penyelenggaraan Popda Soina yang digelar dengan protocol kesehatan yang ketat, diharapkan bisa menghasilkan atlet-atlet yang nantinya dapat mengharumkan nama banua Kalsel di kancah nasional dan internasional.

‘’Kita patut bangga pada atlet-atlet Soina Kalsel, karena pernah mengukir prestasi tingkat internasional di Abu Dhabi Uni Emirat Arab pada tahun 2019 lalu dengan mempersembahkan beberapa medali emas,’’ kata Hermansyah.

Kita harapkan dari ajang Popda Soina Kalsel 2021 ini, kembali akan lahir atlet-atlet berprestasi membanggakan, pungkasnya.

Menurut Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, HM Nasir yang didampingi Kasi Pengembangan Olahraga Rekreasi,Tradisional dan Layanan Khusus, H Budiono Kompetisi olahraga bagi penyandang tunagrahita mempertandingkan sepuluh cabang olahraga yakni atletik, bocce, bola voli, bola tangan, renang, futsal, bola basket, bulu tangkis, tenis meja, dan senam ritmik.

Berita Lainnya
1 dari 399

‘’Atlet SOIna Kalimantan Selatan pernah menjuarai lomba SOIna tingkat internasional di Abu Dhabi pada 2019 lalu,’’ jelas Nasir.

Menurutnya event ini di daerah diadakan 2 tahun sekali sampai ke nasional.

Tahun ini Porda SOina di Banjarbaru, Martapura, dan Kiram,hal itu untuk mematuhi aturan protocol kesehatan (prokes), menghindari terjadinya penumpukan massa, sehingga digelar terpisah pada dua lokasi .

Adapun para peserta lomba yakni dari warga Indonesia penyandang tuna grahita dan sebagai warga negara tetap diperdayakan melalui kegiatan olahraga dan terhimpun dalam SOina Indonesia.

“Untuk tingkat nasional tahun depan dilaksanakan di Semarang Jawa Tengah dan Internasional di 2023 berlangsung di Berlin Jerman,” paparnya.

atlet SOIna Kalsel pada 2019 lalu telah mengukir prestasi di SOIna Internasional di Abu Dhabi atas nama M Ikhsan yang meraih emas di cabang atletik, Desy dan Silvi Mayangsari dari cabang futsal .

Para atlet ini berasal dari Kabupaten Tanah Laut (Tala), yang langsung diapresiasi Bupati Tala, H Sukamta, dengan memberikan hadiah rumah bagi atlet-atlt Soina asal Tala yang telah mengharumkan nama banua dan Indonesia di kancah internasional.

“Atlet dari Kalsel waktu itu yang ikut event SOIna tingkat internasional di Abu Dhani pada 2019 lalu meraih dua emas, satu perak dan empat perunggu. Kita berharap nantinya dengan Popda SOIna Provinsi Kalsel ini akan lahir kembali atlet-atlet SOIna dari Kalsel yang bisa ke kelas internasional,” pungkas HM Nasir. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya