Fraksi di DPRD Dukung Dana Cadangan Pilkada

Berita Lainnya
1 dari 3.204

Banjarmasin, KP – Sejumlah fraksi di DPRD Kalsel mendukung rencana dana cadangan untuk membiayai penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tahun 2024 mendatang.
Hal tersebut diungkapkan pada pemandangan umum fraksi terhadap Raperda tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kalsel Tahun 2024, pada paripurna dewan, Kamis (22/7/2021), di Banjarmasin.
Pasalnya, Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kalsel 2024 memerlukan biaya cukup besar dan tidak cukup hanya dalam satu tahun anggaran.
“Oleh sebab itu, kami memberikan apresiasi kepada Pemprov Kalsel akan menyisihkan dana dari beberapa tahun anggaran melalui pembentukan Dana Cadangan,” ujar sejumlah fraksi di DPRD Kalsel.
Kendati demikian, besaran dana cadangan penyelnggaran Pilkada serentak masih menunggu perhitungan kebutuhan anggaran penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut, dan akan dibahas lebih lanjut.
“Kita mendukung rencana dana cadangan penyelenggaraan Pilkada ini,” kata juru bicara Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), H Haryanto.
Begitu pula langkah pembentukan Dana Cadangan menggunakan rekening terpisah dari rekening kas daerah adalah keputusan yang tepat.
Karena, hal tersebut bagian dari tranparansi dan akuntabilitas penyelenggara pemerintahan dan juga merupakan prinsip dari implementasi pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance) guna kemajuan marwah pembangunan Banua Kalsel.
“Kita sepakat dan menyetujui Kalsel harus memiliki Peraturan Daerah tentang Dana Cadangan tersebut,” tambahnya pada paripurna yang dihadiri Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar.
Fraksi PKS juga mengharapkan, ke depan angka Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di provinsi lebih baik lagi, sebagai langkah strategis untuk menjaga pembangunan yang berkelanjutan buat generasi mendatang. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya