Hampir Setahun Tak Kunjung Ada Kabar Pelantikan

Banjarmasin, KP – Sudah hampir setahun, atau tepatnya sejak akhir Agustus 2020, nasib pemenang seleksi lelang jabatan lima SKPD di Pemko Banjarmasin, tak kunjung dilantik.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina hanya menanggapi singkat. Ia mengatakan, apabila surat rekomendasi sudah turun, sesegeranya akan dilakukan pelantikan.

“Misalnya hari ini suratnya turun, besok sudah dilantik,” janjinya, Selasa (27/7) siang di Balai Kota.

Meski demikian, Ibnu mengaku tidak mengetahui pasti kapan itu bakal terjadi. Pasalnya, hingga kemarin ia masih belum menerima rekomendasi terkait pelantikan lima jabatan kepala SKPD itu.

“Tapi kami tanyakan terus. Karena memang itu tinggal menunggu persetujuan dari pak Menteri Dalam Negeri. Kami akan tanyakan lagi, sesegeranya untuk bisa dikeluarkan persetujuannya. Karena memang sudah terlalu lama,” tegasnya.

Sebelumnya. Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Mukhyar mengakui bahwa sudah terlalu lama menunggu rekomendasi untuk melantik pemenang lelang jabatan di lima SKPD itu.

“Benar. Hampir setahun pemenang lelang belum dilantik. Waktu itu, kan memang karena terbentur Pilkada,” jelasnya.

Di sisi lain. Mukhyar juga sudah menyampaikan rekomendasi ke Pemprov Kalsel, kemudian ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, untuk pelaksanaan pelantikan.

Berita Lainnya
1 dari 3.568

Namun kini, ia pun hanya bisa berharap semoga rekomendasi untuk melantik bisa segera dikeluarkan. Lantaran Pemko Banjarmasin, dinilainya sangat memerlukannya.

“Apalagi banyak posisi kepala SKPD yang kosong. Alias hanya diisi oleh Pelaksana Tugas. Plt kewenangannya terbatas. Berbeda jika diisi pejabat definitif,” jelasnya.

Mukhyar pun menambahkan, selain pelaksanaan pelantikan lima kepala SKPD itu, pihaknya juga mengusulkan proses lelang jabatan untuk sejumlah posisi kepala SKPD lainnya yang masih kosong.

Diantaranya yakni posisi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Perhubungan (Dishub). Ditambah lagi tiga orang pejabat Staf Ahli dan dua orang Asisten.

“Semoga Pemerintah Pusat memahami. Apalagi masa jabatan Wali Kota Banjarmasin juga terbilang singkat. Hanya 3,5 tahun,” tuntasnya.

Seperti diketahui. Lelang seleksi jabatan itu digelar sejak 23 Juli 2020 lalu. Akhir Agustus, para pemenang lelang pun diketahui.

Di antaranya yakni, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) akan diisi oleh Ichrom M Tezar, yang merupakan pejabat termuda di antara yang lainnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar, akan diisi oleh Ahmad Muzayin. Disusul nama Windiasti Kartika yang bakal mengomandoi Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik).

Kemudian untuk jabatan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja akan diisi Isa Anshari. Selanjutnya, untuk jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, bakal diisi oleh Muhammad Makhmud. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya