HUT Harganas
Satukan Langkah dan Gerak Cegah Stunting

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, peringati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke 28 Tahun 2021 dengan mensenergikan gerak dan langkah keluarga Indonesia dalam mencegah Stunting.

Rabu (07/7/2021) bertempat Pendopo Rantau Baru digelar peringatran Harganas dengan menghadirkan Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor, Ketua Tim Penggerak PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani dan Wakilnya Hj Mustaidah.

Turut hadir Deriktur RSUD Datu Sanggul Rantau dr Milhan SPOg, Kepala Kantor Kementrian Agama Tapin Mahrus, Kepala Bappelitbang Zainal Aqli, Perwakilan BKKBN Prov Kalsel dan Duta Genre Kabupaten Tapin.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam sambutannya mengatakan peringatan Harganas ke 28 Tahun 2021 di gelar Kabupaten Tapin dengan mengangkat tema keluarga keren cegah stunting, tentunya dengan peringatan ini mengajak jagalah keluarga kita dengan baik, terutama di saat pandemi covid 19 sekarang ini.

“Siapa lagi kalau dari kita sendiri untuk menjaga kekuarga kita hal hal yang merugikan kita semua terutama covid 19, “ ujarnya.

Namun daripada itu, banyak hikmah yang dapat kita ambil sebagai salah satu pembenahan dalam diri dan keluarga untuk tetap berfikir positif. Kemudian juga agar kita tetap menjalankan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-har.

Apalagi menurut orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Tapin, sekarang ini sudah menyebar Covid-19 varian delta, yang diketahui penyebarannya sangat cepat.

Berita Lainnya
1 dari 264

“Jadi keluarga harus benar-benar dijaga, supaya tidak terjangkit virus tersebut,” bebernya.

Kembali masalah stuntin, dalam hari keluarga saya ingatkan, terutama ibu-ibu utamanya bagi yang hamil sering sering berobat ke rumah sakit hal itu, jangan sampai anak dikandungnya kekurangan gizi, kemudian setelah lahir gizinya juga di jaga kalau bisa menyusui dibadan bukan susu buatan, dari sinilah timbulnya stunting.

Hal ini kami sampaikan dalam keluargalah paling utama melakukan pencegahan dan penanggulangannya, karena terjadinya stunting  ini disebabkan masalah gizi  sangat erat kaitannya dengan ruang lingkup keluarga, yakni praktek pengasuhan yang kurang baik, kurangnya pengetahuan ibu  mengenai kesehatan gizi sebelum dan sesudah masa kehamilan, serta masih kurangnya akses keluarga untuk mengkunsumsi makanan bergizi.

Oleh karenanya kita semua harus percaya dan yakin kita semua bisa mengatasi permasalahan stunting dan pencegahan pandemic covid 19 secara bersama-sama. Berharap semoga keluarga kita menjadi keluarga yang tangguh sehat dan sejahtera.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Noor Ifansyah melaporkan, peringatan hari keluarga yang diperingati setiap tanggal 29 juni setiap tahunnya, ini merupakan peringatan untuk mengingat pentingnya peran dan nilai keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat.

“Tujuan peringatan hari HARGANAS ini mensenergikan gerak dan langkah keluarga Indonesia dalam mencegah stunting,’’ ujarnya.

Dalam rangkaian Harganas tahun ini menggelar pelayanan KB sejuta Akseptor, lomba-lomba keluarga dan puncaknya memilih Duta Genre KabupatenTapin tahun 2021.

Diakhir peringatan harganas penyerahan hadiah-hadiah kepada para pemenang lomba-lomba. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya