Machli Kembali Ingatkan Warga Taat Prokes

Banjarmasin, – Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. Machli Riyadi, untuk kesekian kalinya memperingatkan warga agar patuh dan secara ketat mentaati protokol kesehatan (prokes).

Hal itu diingatkan Machli, karena kasus Covid-19 di Banjarmasin saat ini naik cukup signifikan. Dari data, hingga Jumat (16/7/2021), di ibukota Kalsel ini total warga yang terpapar Covid-19 sudah 434 kasus lebih.

“Oleh karena itu warga harus diperingatkan terus, agar disiplin melindungi diri mereka dengan betul-betul secara ketat mentaati protokol kesehatan (Prokes).

“Seperti selalu menggunakan masker. Sebab memakai masker 95 persen mampu melindungi diri kita dari penyebaran Covid-19,” ujarnya saat berada di Kantor DPRD baru-baru tadi.

Machli menuding penyebab kenaikan kasus Covid-19 dalam beberapa hari ini terakhir ini salah satunya adalah, karena turunnya kesadaran warga untuk menerapkan Prokes.

“Contohnya di pasar tradisional yang masih banyak ditemukan warga tanpa masker. Beda dengan di Mall, yang sudah menerapkan prosedur Prokes secara ketat. Karena kalau tanpa masker, Satpam Mall langsung menegur,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia meminta, kerjasama semua pihak dan saling membahu untuk saling mengingatkan dalam menerapkan Prokes.

Berita Lainnya
1 dari 3.211

“Tanpa Prokes kasihan mereka, apalagi warga yang terpapar Covid-19 sudah punya penyakit bawaan . Ini sangat membayarkan karena bisa membawa kematian,” ujarnya.

Machli pun menghendaki, semua elemen menguatkan kontrol sosial dengan saling mengingatkan jika menemukan warga yang tidak menerapkan Prokes.

Dia juga tak sepakat, jika objek pariwisata di Banjarmasin dibuka saat ini. “Saya belum merekomendasikan wisata dibuka, karena ada ancaman kerumunan,” katanya.

Menyinggung program vaksinasi. Machli mengakui, vaksinasi hanya merupakan salah satu upaya untuk menjaga dan mencegah penyebaran Covid-19

” Itu artinya meski sudah divaksin, namun masyarakat harus tetap memproteksi diri dengan berperilaku sesuai dengan protokol kesehatan,” tandasnya mengingatkan

Menurutnya, solusi dari pandemi Covid-19 tidak hanya bertumpu pada vaksinasi semata, tetapi juga harus diimbangi kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Machli mengkhawatirkan, jika masyarakat tidak disiplin pada protokol kesehatan dikhawatirkan dapat memperpanjang pandemi Covid-19. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya