Pasangan Pemuda Asal Balangan Wakili Kalsel

Paringin, KP – Pasangan muda inspiratif dan berprestasi asal Kabupaten Balangan, Ahmad Juliansyah-Arpah Sari Dewi mewakili Kalimantan Selatan di tingkat nasional setelah berhasil mengalahkan puluhan pasangan lainnya di tingkat provinsi.

“Program yang kami gagas adalah pembentukan karakter pendidikan. Mengapa menggagas program tersebut, karena jatuhnya generasi saat ini adalah generasi-genarasi pendidikan yang karakternya sedang dalam keadaan krisis,” ujarJuliansyah, baru baru tadi. 

Untuk itu,katanya, ia mencoba mengangkat dengan program nyata yang ia bangun yaitu pendidikan karakter sebagai upaya menuju generasi emas Indonesia.

Bahkan, dia menambahkan, program tersebut sudah berjalan sejak tahun 2017, dan tahun 2020 lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat kecamatan dan kabupaten. Menurutnya, gagasan program pendidikan karakter itu awalnya dari latihan silat.

Latihan silat dianggap latihan kekerasan. Banyak orang tua memang menganggap latihan silat adalah latihan kekerasan. Padahal di dalam latihan silat bukan kekerasan yang diajarkan, melainkan beberapa unsur terkhusus yaitu pembentukan karakter itu sendiri.

“Jadi untuk membuat orang tua lebih yakin dalam memasukan anaknya ke pencak silat, kami telah membuat program yaitu program cinta Al qur’an. Dimana kegiatan itu adalah tahfidz dan seni baca Al qur’an,” tuturnya.

Berita Lainnya

Disdik Balangan Kembali Usulkan PTM

1 dari 489

Salah satu juri Pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi sekaligus Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel Muhammad Syaripuddin, mengungkapkan kenapa jadi memilih pasangan muda asal Balangan menjadi kandidat juara pertama, karena pihaknya melihat berbagai macam aspek yang dilakukan oleh pasangan tersebut.

“Di sini, kita nilai tidak hanya inovasi, ide kreatif dan dampak sosialnya, akan tetapi juga melihat kolaborasi antara pasangan ini sangat bagus sehingga saling mendukung dan melengkapi satu sama lainnya,”imbuh Syaripuddin.

Dia menekankan, pasangan muda dari Kabupaten Balangan ini mengajarkan tentang pendidikan karakter.Program tersebut dipolarisasikan dengan keahlian sebagai atlet. Apalagi mereka adalah atlet pencak silat.

“Jadi, ini yang menjadi pertimbangan kami sehingga kami memutuskan Kabupaten Balangan menjadi pemenang pertama pasangan muda inspiratif ini,” tuturnya.

Ia berharap, pasangan muda inspirasi dan berprestasi Kabupaten Balangan ini dapat menjadi inspirasi perubahan di daerahnya untuk mengajak pemuda lainnya yang memiliki gagasan ide dalam mengembangkan sektor kepemudaan.

“Semoga setelah menjadi juara dan pulang ke daerahnya, mereka berdua bisa memberikan dukungan dan memotivasi kepada pasangan muda lainnya agar bisa menjalankan aktivitasnya sesuai dengan keahliannya, sehingga dapat bermanfaat buat masyarakat banyak,”imbuhnya. (rel/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya