Ski Dan Wakeboard Cabor Andalan Baru

Marabahan, KP – Kabupaten Barito Kuala (Batola) mulai melirik Cabang Olahraga Ski Air sebagai olahraga di perairan yang dapat diandalkan.

Setidaknya upaya Batola untuk bergelut di cabang olahraga baru ini diperlihatkan melalui eksibisi (demo) Ski Air dan Wakeboard di Siring Ulek Marabahan, Sungai Barito.

Sejumlah atlit dari Persatuan Ski dan Wakeboard (PSWAI) Kalimantan Selatan (Kalsel) terutama Batola berkolaborasi mempertontonkan kebolehan di hadapan masyarakat termasuk Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, forkopimda, dan jajaran SKPD.

Serunya lagi, demo olahraga ski air dan wakeboard ini dilengkapi atraksi olahraga flyboard. Permainan yang masih asing di kalangan masyarakat Batola ini mampu menyedot perhatian lantaran mampu membawa pemainnya melayang di atas air hingga setinggi 15 meter sambil menari lincah.

Flyboard sendiri digerakkan sebuah mesin yang disebut personal water craft (PWC) yang dirancang untuk menyalurkan tenaga penggerak yang memungkinkan papan plyboard dapat melayang dengan bantuan semburan air. Flyboard ini termasuk ke dalam olahraga air yang digandrungi dan sering dipertontonkan di beberapa titik destinasi pantai. 

“Sebenarnya pegiat olahraga ini sudah lama eksis di Batola. Namun PSAWI Batola sendiri baru diresmikan menjadi anggota KONI Batola mulai 2020,” tutur Ketua KONI Batola, Dahlan seperti dikutip apahabar.com.

Berita Lainnya
1 dari 275

“Alhamdulillah dari eksebisi mandiri yang dilakukan ski air dan wakeboard mendapat dukungan dari pemimpin daerah,” ucapnya.

Batola sendiri melengkapi enam kepengurusan PSAWI di Kalsel, selain Banjarmasin, Banjar, Banjarbaru, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu. 

Sekretaris PSAWI Kalsel, Syafarudin mengatakan, sesuai agenda PSAWI Kalsel, Batola menjadi sasaran pertama dari eksebisi ski air dan wakeboard ini. Mengingat selain memiliki potensi geografis juga memiliki atlet andalan seperti Akbar Fadillah yang merupakan spesialis wakeboard.

Bahkan Batola sudah dianggap sebagai salah satu daerah terkuat di Kalsel karena telah memiliki 7 atlit senior dn 5 atlit junior.

“Dari dua kali penyelenggaraan Kejurprov Kalsel, Batola selalu dapat emas. Terakhir Batola bahkan memperoleh 6 emas,” ucapnya.

Untuk mencapai prestasi itu Akbar Fadillah dan rekan-rekan bisa berlatih bersama atlit ski air dan wakeboard Kalsel di Sungai Alalak, kendati peralatan seperti papan dan fasilitas pendukung lain masih menggunakan milik pribadi.

Namun Dahlan menimpali, bahwa sudah terdapat program jangka panjang menengah bersama Dispora Batola untuk pembinaan semua cabang olahraga termasuk ski air dan wakeboard. (ang/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya