Warga Antusias Ikut Vaksin

Banjarmasin KP – Antusiasme warga dalam memutus rantai penularan Covid-19 kian meningkat. Hal itu tampak dari ramainya peminat vaksinasi massal Covid -19 yang dilaksanakan berbagai tempat di Banjarmasin.

Dari pantauan {KP} ratusan warga antusias terlihat di Puskesmas Sungai Jingah yang dalam beberapa hari ini melaksanakan vaksin gratis.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sejak pagi calon penerima vaksin sudah tertib mengantri giliran untuk menjalani vaksinasi.

Dari barisan antrian memanfaatkan pemberian vaksin gratis ini terlihat umumnya warga yang berusia 35 tahun ke atas.

Sementara kaum muda belum banyak terlihat. Mengingat prioritas vaksinasi untuk umum ini masih menyasar warga yang dewasa dan lansia.

Menyikapi belum banyaknya generasi muda mengikuti vaksin ini anggota DPRD Kota Banjarmasin Abdurasyid Ridha menyerukan, segeranya mengikuti program vaksinasi Covid–19 dengan mendatangi tempat-tempat kesehatan seperti puskesmas terdekat maupun tempat gelar vaksinasi massal, mumpung masih gratis.

” Saat ini kan layanan vaksinasi Covid-19 dilaksanakan untuk umum dari usia 18 tahun hingga lansia,” kata Abdurrasyid Ridha.

Kepada {KP} Senin (5/7/2021), pemerintah sudah secara resmi membuka vaksinasi umum bagi masyarakat usia di atas 18 tahun sejak awal Juli 2021.

Sekali lagi diserukan kepada masyarakat yang memenuhi syarat usia maupun kesehatan agar mengikuti program ini dengan mendatangi tempat-tempat vaksinasi, mumpung masih gratis.

Berita Lainnya
1 dari 3.204

Menurutnya, jika sampai program vaksinasi Covid-19 secara gratis ini habis dan harus mengikuti vaksinasi secara mandiri atau gotong royong, biayanya cukup mahal.

“Informasinya kalau mengikuti vaksinasi COVID-19 secara berbayar itu, sekali suntik Rp 500 ribu, harus dua kali, jadi Rp 1 juta,” katanya.

Terkait program vaksinasi Covid-19 secara umum saat ini kemasyarakat, Ridha meminta pemerintah kota juga harus menyiapkan stok vaksin yang banyak.

“Jangan sampai warga sudah berbondong-bondong datang justru stok vaksinnya kehabisan,” ujar anggota dewan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Himbauan senada juga disampaikan Hj Siti Rahimah. Anggota dewan Fraksi Partai Gerindra ini mengatakan, untuk suksesi vaksinasi ini diharapkan pemerintah kota terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Khususnya untuk sasaran vaksin bagi warga lanjut usia. Ini penting terus dijelaskan, sebab banyak kabar macam-macam yang membuat mereka enggan divaksin, takut ini lah, takut itu lah,” tutur politisi Gerindra tersebut.

Disampaikan juga anggota DPRD Kota Banjarmasin Istiqamah, vaksinasi ini sangat penting bagi ketahanan tubuh sebagai upaya menghadapi pandemi Covid -19 yang belum diketahui kapan mampu bisa diatasi tersebut.

Menurutnya, masyarakat perlu memahami bahwa vaksinasi Covid-19 adalah keharusan bersama untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity supaya terlindungi dari ancaman pandemi wabah virus corona.

“Biar bisa mencapai herd immunity. Karena kan memang kalau mau begitu, harus divaksin,” tandas anggota F- PAN ini. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya