Dewan Khawatirkan PHK Makin Meningkat

Jumlah tenaga kerja terdampak Covid-19 akan terus bertambah mengingat pandemi masih terus mengancam sampai hari ini, sehingga ada kemungkinan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV akan kembali diperpanjang

BANJARMASIN, KP – Ketua Komisi Dua DPRD Kota Banjarmasin Faisal Hariyadi, menyatakan keprihatinannya terhadap berbagai aktivitas masyarakat yang terhambat akibat pandemi Covid-19.

Betapa tidak ujarnya, akibat pandemi itu bukan hanya membuat hampir berbagai sektor perekonomian menjadi terpuruk,tapi juga secara signifikan terhadap ketenagakerjaan.

`’Mulai dari karyawan yang terpaksa di PHK, dirumahkan, atau hanya menerima pengurangan upah,” katanya dihubungi {KP} Minggu (29/8/2021).

Faisal memprediksi, jumlah tenaga kerja terdampak Covid-19 akan terus bertambah mengingat pandemi masih terus mengancam sampai hari ini, sehingga ada kemungkinan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV akan kembali diperpanjang.

Berita Lainnya

BIN Sasar Vaksin ke MAN

APBD 2022 Fokus Percepatan Penanganan Covid-19

1 dari 3.576

Apalagi kata Faisal Hariyadi, jika kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV terus diperpanjang.

Menurutnya, hingga saat ini saja dilaporkan sudah ada sekitar 400 karyawan yang bekerja di bawah manajemen Pusat Perbelanjaan Duta Mall yang terpaksa terkena PHK dan dirumahkan.

Faisal mengakui, PHK dan merumahkan karyawan sulit dihindari lantaran selama PPKM untuk menahan laju penyebaran Covid-19 berbagai kegiatan usaha dilakukan pembatasan jam operasional.

” Belum lagi dengan adanya kebijakan tersebut mobilitas masyarakat menurun secara drastis,” kata ketua komisi membidangi ekonomi dan keuangan ini.

Ditandaskan, belum mampu dituntaskannya pandemi Covid-19 ini tentunya menjadi tantangan berat bagi pemerintah.

Masalahnya, karena dari satu sisi pemerintah harus menyelamatkan kesehatan masyarakat, tapi sisi lain berdampak pada perekonomian hingga soal ancaman warga yang kehilangan pekerjaan.(nid/k-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya