Pengunjung Siring Sempat Ramai, Akhirnya Dibubarkan

Banjarmasin, KP – Di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM ) Level 4, kawasan wisata Siring Kota Banjarmasin masih tetap diramaikan warga pada Minggu (1/8) pagi.

Pantauan di lapangan, warga memadati kawasan wisata andalan Kota Baiman itu sejak pukul 06.30 Wita. Mereka terlihat sibuk melakukan aktivitas berolahraga seperti jogging, santai bersama keluarga hingga bersepeda.

Ironisnya, banyak warga yang abai terhadap protokol kesehatan. Terlihat beberapa dari mereka melakukan aktivitas tanpa masker.

Mereka seolah tak sadar bahwa sekarang masih dikepung oleh kasus Covid-19 yang belakangan ini terus meningkat.

“Ya, tau saat ini memang PPKM. Tapi apa tidak boleh kita berolahraga?,” Celetuk salah seorang warga.

Selain itu, ada juga warga yang dengan sengaja menaruh masker di dagunya. Ia mengaku pengap bila berolahraga sambil mengenakan masker. “Sulit bernapasnya,” cetus warga yang tidak ingin disebut namanya itu .

Terlepas dari adanya status PPKM level 4 di Banjarmasin. Sejatinya kawasan Siring Menara Pandang memang ditutup oleh Pemkot.

Karena itu, hingga sekarang pemerintah setempat juga belum memutuskan untuk membuka objek wisata yang selalu ramai pengunjung ketika akhir pekan itu.

Berita Lainnya

Tumbuhkan Kepemimpinan Pemuda Penggerak Masyarakat

Mobil BPK Wajib Laik Jalan

1 dari 3.561

Namun pada beberapa bulan terakhir, kawasan Siring memang sering diserbu warga, khususnya setiap akhir pekan untuk berolahraga atau sekadar santai.

Kendati demikian, kepadatan pengunjung tersebut tak berlangsung lama. Seprti kerumunan warga di kawasan Siring Menara Pandang langsung dibubarkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang bekerjasama dengan petugas UPT Wisata Siring Kota Banjarmasin.

Dengan alat pengeras suara, para petugas mencoba memberi pemahaman kepada warga bahwa saat ini kawasan Siring masih ditutup. Terlebih, adanya kebijakan PPKM Level 4.Karenanya, warga pun dipaksa keluar dari areal objek wisata andalan kota berjuluk Seribu Sungai itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP Kota Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin mengatakan penertiban dilakukan atas dasar surat edaran walikota nomor 440/02-P2P/Diskes, tentang status PPKM level 4 yang saat ini masih disandang Kota Banjarmasin.

Selain menertibkan, petugas juga memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya memakai masker saat berada di luar rumah. Hal ini diingatkan lantaran sampai sekarang ibukota Kalsel masih belum bebas dari pandemi.

“Alhamdulillah warga bisa memaklumi kondisi tersebut, karena kita tetap menekankan cara mensosialisasikan yang humanis,” ucapnya.

Muzaiyin menegaskan, ia akan selalu menyiagakan personilnya untuk berjaga dan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa wisata Siring masih belum dibuka. Kemudian, di tempat lain yang disinyalir ramai pengunjung pada akhir pekan juga dilakukan penjagaan.

“Hari ini ada tiga peleton yang kita turunkan, untuk jumlah petugasnya sekitar 100 personil,” tukasnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya