Pimpin Komisi Satu Saut Nathan Janji Tingkatkan Pengawasan

Banjarmasin,KP – Diamanahi fraksinya yaitu F-PDIP menjadi Ketua Komisi I DPRD Banjarmasin, Saut Nathan Samosir berjanji akan meningkatkan fungsi pengawasan.

” Pengawasan yang dilaksanakan selain rutin menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan SKPD mitra kerja, kami juga melaksanakan sidak dengan turun langsung ke lapangan,” kata Saut Nathan Samosir.

Kepada {KP} Selasa (3/8/2921) ia mengatakan, bahwa tiga tupoksi dewan adalah memiliki fungsi anggaran dan legislasi, akan tetapi juga dalam hal melaksanakan pengawasan.

Menyadari tupoksi itu katanya, anggota dewan harus banyak ke lapangan dalam menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Kalau Rapat Dengar Pendapat (RDP) saja tidaklah cukup, sehingga untuk memastikan dalam memastikan pelaksanaan anggaran atau penegakkan setiap Perda berjalan dengan baik kami harus turun kelapangan,” ujar Saut Nathan

Tak hanya itu kata dia, rekannya sesama anggota komisi I banyak yang menghendaki agar sidak rutin dilakukan.

Menurutnya, sebagai ketua komisi I yang baru dirinya sudah menyiapkan untuk menyusun dan menjadwalkan program kerja.

Saut menyatakan, sebagai ketua komisi I ada beberapa hal yang utama dilakukannya. Pertama, saling koordinasi dengan wakil ketua, sekretaris dan anggota komisi I, untuk merumuskan masalah dengan mitra kerja SKPD komisi I.

Berita Lainnya

Bakal Ada Banyak Kursi dan Lampu Taman

1 dari 3.541

Yang kedua, lanjutnya, akan menyoroti sejumlah permasalahan yang menjadi mitra komisi I, terutama soal perizinan yang tidak pernah sinkron.

“Misal bangunan tak ada izin, tapi dibangun duluan. Saat rapat lintas komisi tidak pernah tuntas. Untuk masalah ini saya akan coba berdiskusi lintas komisi, salah satunya komisi III,” janjinya.

Ke depan, Saut Nathan akan menyamakan persepsi terkait hal-hal yang dilakukan kegiatan di komisi I. “Paling utama selaraskan antar komisi. Supaya kita memperbaiki kekurangan yang ada,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga dalam waktu dekat, akan memanggil untuk berkoordinasi dengan Satpol PP Banjarmasin termasuk instansi lain, yang menjadi mitra kerja komisi I.

Ia menilai selama ini masih banyak kekurangan dalam hal penegakan Perda, sehingga aturan yang telah dibuat kurang berjalan dengan baik.

Sebagaimana diberitakan, Saut Nathan menduduki ketua Komisi I DPRD Banjarmasin setelah fraksi yaitu F-PDIP mengajukan pergantian ketua komisi yang membidangi masalah pemerintahan, perizinan dan pengawasan penegakkan Perda.

Dalam rapat internal yang digelar DPRD Banjarmasin Jumat (30/7) lalu. Saut menggantikan rekannya sesama F-PDIP yaitu Suyato.

Dirolling fraksinya ketua komisi I , Suyato menduduki posisi sebagai anggota komisi II mengisi posisi M Nasir yang dipindah ke Komisi III menggantikan Saut Nathan. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya