Sukamta: Aksi Tanam Pohon Tingkatkan Kesadaran Jaga Lingkungan

Pelaihari, KP – Upaya pemerintah meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan kembali terlaksana melalui aksi Penanaman Satu Juta Pohon Serentak Se-Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2021.

Aksi penanaman pohon yang juga dilaksanakan di Kabupaten Tanah Laut (Tala) tersebut diinisiasi oleh Kepolisian Resor (Polres) Tala.

Bupati Tala HM Sukamta yang hadir mengikuti kegiatan penanaman pohon menyambut baik aksi yang terlaksana di lahan Kelompok Tani Hutan (KTH) Pariangan, Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, Jum’at (20/8/2021).

“Kita ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Polres Tala sebagai leading sector aksi tanam pohon kali ini. Kita sangat menyambut baik, apalagi aksi tanam pohon ini memang sangat kita perlukan. Selain sebagai aksi nyata penghijauan, kegiatan penanaman pohon ini juga sebagai warisan untuk anak cucu kita kelak”, ungkap Sukamta.

Berita Lainnya
1 dari 479

Lebih lanjut Sukamta juga berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan oleh pihak lainnya, baik dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), instansi vertikal, pihak swasta, organisasi, dan masyarakat. Sukamta menekankan bahwa upaya menjaga lingkungan alam Tala agar tetap rindang, sejuk dan nyaman adalah tanggung jawab bersama.

“Aksi penanaman pohon ini adalah upaya awal, yang menjadi tantangan selanjutnya adalah bagaimana kita merawat dan menjaganya agar tetap tumbuh dan bermanfaat bagi lingkungan. Saya mengajak seluruh pihak untuk sama-sama meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan. Bisa dengan kegiatan seperti ini atau kegiatan peduli lingkungan lainnya,” pungkas Sukamta.

Penanaman Satu Juta Pohon Serentak yang dilaksanakan Polres Tala tersebut merupakan kegiatan lanjutan dari Program Penghijauan Polda Kalsel Tahun 2021. Dalam kegiatan tersebut turut terlibat Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tala sebagai penyedia bibit pohon. Adapun pohon yang ditanam pada aksi tersebut sejumlah 580 pohon terdiri dari pohon Sirsak, Alpukat, Kelengkeng, Jambu Biji, Jambu Kristal, dan Matoa.

Turut berhadir mengikuti penanaman pohon tersebut, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1009/Tala Mayor Inf Anton Mahriadi S.Sos, Wakapolres Tala Kompol Wahyu Ismoyo Jayawardana, S.I.K, perwakilan Kejaksaan Negeri (Kajari) Tala, perwakilan DPRD Tala, KPH Tala, aparatur Desa Bumi Jaya beserta anggota KTH Pariangan. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya