Tala Siapkan Lima Posko Siaga Karhutla

Pelaihari, KP – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) akan menyiapkan sebanyak lima buah posko siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang mencakup seluruh kecamatan yang ada di Tala, hal itu Bupati Tala HM Sukamta sampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Karhutla Kabupaten Tala tahun 2021 di Aula Barakat, Kantor Sekretariat Daerah Tala, Kamis (5/8/2021).

Dengan adanya posko-posko tersebut Sukamta yakin kasus Karhutla di Bumi Tuntung Pandang dapat dicegah dan tertangani dengan baik, selain itu menurutnya pendirian posko-posko tersebut adalah bukti bahwa Pemkab Tala siap siaga dalam menangani Karhutla, “Lebih baik kita siaga dulu dengan mendirikan pos ini, tidak ada salahnya kita siaga terlebih dahulu daripada nanti keteteran ketika ada Karhutla, tentu kita tidak ingin hal itu terjadi,”tuturnya.

Berita Lainnya
1 dari 480

Memasuki musim kemarau dan musim panen padi seperti sekarang bupati mengajak seluruh stakeholder baik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tala, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Tala, TNI, Polri, Taruna Siaga Bencana serta relawan lainnya untuk siaga karena biasanya masih banyak petani yang membakar jerami bekas panen milik mereka yang mengakibatkan kebakaran lahan, “Yang paling rawan itu Kecamatan Bati-Bati dan Tambang Ulang dan setiap tahun memang terjadi Karhutla di daerah itu, sedangkan Kecamatan Bumi Makmur dan Kurau masih banyak petani yang membakar jeraminya,”ucapnya.

Orang nomor satu di Bumi Tuntung Pandang itu juga mengapresiasi kinerja dari tim gabungan yang bekerja keras berjibaku memadamkan api pada beberapa kejadian Karhutla belakangan ini, dari data BPBD Tala saat ini telah terjadi Karhutla sebanyak 26 kali dengan luasan wilayah terbakar 50 hektar lebih.

“Ada lebih dari 20 kasus namun yang terbakar luasannya baru sekitar 50 hektar saja, artinya tim gabungan pemadam kita dan para relawan bekerja dengan sigap memadamkan apinya sehingga tidak terjadi kebakaran dengan eskalasi yang besar. Saya mewakili Pemkab Tala dan masyarakat Tala mengapresiasi ini,” pungkasnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya