Wabup Pantau Proses Renovasi Rumah Bantuan Pemerintah

Kandangan, KP – Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arysad mengunjungi rumah masyarakat yang sedang direnovasi, dengan program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), Kamis (5/8/2021) lalu.

Syamsuri Arsyad mengunjungi tiga buah rumah di Gang Palantingan Kelurahan Kandangan Kota, dan satu buah rumah di Desa Bariang.

Renovasi rumah rata-rata sudah dilakukan, sebab ada yang berprofesi sebagai tukang bangunan, sehingga bisa mengerjakan sendiri.

BSPS merupakan bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumhan Rakyat (PUPR), untuk meningkatkan kualitas rumah menjadi lebih layak huni. 

Wabup HSS Syamsuri Arsyad menjelaskan, bantuan itu merupakan bantuan dari Kementerian PUPR, sehingga nominal dana yang diberikan sedikit lebih besar, yakni Rp 20 juta. 

Berita Lainnya
1 dari 575

“Bangunan rumah hasil rehab juga mungkin terlihat lebih besar, karena ada beberapa penerima bantuan yang mengngerjakan sendiri, sehingga biaya yang digunakan lebih ekonomis,” tambahnya.

Syarat penerima bantuan itu sebutnya, harus memiliki tanah milik sendiri dan penghuninya tidak sendiri.

“Alhamdulillah, kita melihat kegembiraan masyarakat yang menerima bantuan, dan itu menjadi penyemangat bagi kita semua bahwa pembangunan di HSS menyentuh lapisan masyarakat kita yang berekonomi di bawah,” tuturnya.

Syamsuri mengatakan, pihaknya akan terus memperjuangankan dan mengusulkan lagi kepada Kementerian PUPR. Sebab, masih banyak rumah masyarakat yang belum layak dan perlu diperbaiki.

Syamsuri Arsyad kemudian memantau rehabilitasi jaringan irigasi di Desa Bamban Kecamatan Angkinang, yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten HSS.

Ia berharap, hal itu bisa bermanfaat banyak dan menyejahterakan masyarakat, terutama dengan meningkatkan produktifitas pertanian. (tor/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya