Bertepatan Peringatan Peristiwa 2 September 1949
Pemugaran Monumen Munggu Raya Diresmikan

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry meresmikan hasil pemugaran Monumen Munggu Raya, Kamis (2/9/2021) bertepatan hari peringatan peringatan peristiwa 2 September 1949.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati di lokasi monumen, yakni sebuah bukit kecil di Desa Sungai Raya Selatan, Kecamatan Sungai Raya.

Monumen Munggu Raya, adalah pengingat lokasi salah satu bagian peristiwa sejarah besar. Di lokasi bernama Munggu Raya itulah, dilaksanakan perundingan dengan Belanda pasca proklamasi 17 Mei 1949 ALRI Divisi IV.

Bupati HSS Achmad Fikry menuturkan, sejarah tidak pernah dilupakan. Sehingga pemugaran monumen itu, sebagai penghargaan kepada para pejuang, dengan melestarikan tempat-tempat bersejarah. 

Bupati Achmad Fikry berharap, setelah monumen dipugar lebih menarik tersebut, akan menjadikannya sebagai tempat wisata sejarah di Kabupaten HSS yang banyak dikunjungi masyarakat.

“Kita bersyukur akses jalannya ke sini juga sudah nyaman, sehingga anak-anak sekolah bisa ke sini untuk belajar mengenal sejarah secara langsung,” tuturnya.

Berita Lainnya
1 dari 571

Achmad Fikry berharap, pemugaran itu menjadi penyemangat bagi generasi penerus untuk terus melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu dengan pembangunan.

Bupati Fikry mengapresiasi, selesainya pemugaran Monumen Munggu Raya tersebut.

“Kami berterimakasih kepada DHC 45 yang menginisiasi pemugaran monumen ini, mudah-mudahan menjadi penyemangat bagi kita untuk terus melanjutkan perjuangan mereka dengan pembangunan,” ucapnya.

Bupati Fikry juga berterima kasih kepada PT Antang Gunung Meratus (AGM) yang telah menjadi donatur pemugaran monumen tersebut. Serta dukungan pihak TVRI, sebab lokasi monumen tepat di area tower pemancar stasiun TVRI.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menjelaskan, pemugaran Monumen Munggu Raya merupakan hasil kerja sama DHC 45 Kabupaten HSS dengan PT AGM, dalam mewariskan nilai-nilai sejarah perjuangan bagi generasi muda.

“Karena sering dikatakan oleh pak Bupati, 2 September ini adalah peristiwa bersejarah yang bersifat Internasional di samping 17 Mei,” tuturnya yang juga merupakan Ketua DHC 45 HSS.

Peresmian tersebut turut dihadiri Manager External Affair PT AGM Andhika Dewa Permata, Kepala Stasiun TVRI Kalsel Herman, dan Para Pengurus DHC 45 HSS. (tor/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya