Sukamta Tinjau Pelaksanaan Tes SKD CPNS Tahun 2021

Pelaihari, KP – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) direncanakan akan berlangsung selama 11 hari sejak 26 September sampai dengan 06 Oktober 2021. Memasuki hari kedua pelaksanaan, Bupati Tanah Laut H. M. Sukamta meninjau secara langsung rangkaian pelaksanaan seleksi yang bertempat di ruang Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tala dan halaman kantor BKPSDM Tala pada Senin (27/9/2021).

Usai melakukan peninjauan, Bupati Tanah Laut H. M. Sukamta menyampaikan bahwa situasi pelaksanaan seleksi berjalan relatif lancar, meskipun sempat ada gangguan jaringan dan aplikasi.

“Secara umum berjalan dengan lancar, walaupun ada sedikit gangguan terkait sinyal dan error aplikasi, tapi semua bisa ditangani dengan baik oleh tim. Insyaallah semua berjalan dengan baik, mudah-mudahan sampai akhir pelaksanaan ini bisa berjalan lancar,” kata bupati.

Selanjutnya, Sukamta berpesan kepada calon peserta untuk mempersiapkan diri dengan matang sebelum memasuki ruang seleksi. Menurutnya, soal-soal yang akan keluar pada seleksi CPNS tidak akan mudah. Ia pun berharap dengan adanya seleksi yang ketat seperti ini bisa melahirkan CPNS yang berkualitas dan mampu bersaing di bidangnya.

“Dengan passing grade yang ada ini, saya yakin mereka yang lolos seleksi ini punya kualifikasi yang memadai. Memang harus dipersiapkan, harus belajar, karena pemerintah ingin menjaring pegawai-pegawai yang berkualitas, sehingga nanti sebagai penyelenggara pemerintah bisa cepat mengantisipasi perubahan, cepat mengambil langkah-langkah dalam membangun inovasi untuk kemajuan daerah,” lanjut bupati.

Berita Lainnya

Sukamta Resmikan TK Fadillatul Hikmah

1 dari 506

Sementara itu, Kepala BKPSDM Tala H. Tajuddin Noor Effendi mengatakan pelaksanaan SKD CPNS tahun 2021 di Tanah Laut berjalan dengan lancar dan sudah sesuai dengan alur pelaksanaan dan aturan yang diberlakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“SKD CPNS tahun 2021 secara teknis dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat seperti mencuci tangan dengan sabun dan penggunaan masker dua lapis. Kendala yang kami hadapi, masih ada calon peserta yang tidak hadir saat seleksi, tetapi setelah dikonfirmasi, ternyata nomor handphone yang tertera diberkas pendaftaran tidak bisa dihubungi, tetapi apabila memang tidak bisa hadir karena terkonfirmasi positif Covid-19, akan kami laporkan ke BKN Pusat untuk diusulkan jadwal seleksi susulan,”. kata Tajuddin.

Salah seorang peserta SKD CPNS tahun 2021, Ni Putu Sriyanti merasa lega telah berhasil menyelesaikan rangkaian SKD pada hari ini, meskipun ia merasa belum bisa mendapat nilai yang maksimal.

“Beberapa soal tidak terduga, harus menggunakan penalaran apalagi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Tetapi secara keseluruhan soalnya bagus, mudah dipahami dan sistem transparansi CAT juga memuaskan. Harapannya bisa masuk perangkingan, kemudian bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan lulus CPNS tahun 2021,” kata Ni Putu Sriynati.

Pelaksanaan SKD CPNS di Tala pada setiap harinya terdapat empat sesi seleksi dengan jumlah peserta per-sesi sebanyak 50 orang, khusus hari Jum’at hanya diselenggarakan sebanyak dua sesi seleksi. Terdata sebanyak 1.953 peserta SKD CPNS baik dari dalam dan luar Kabupaten Tala. Seleksi CPNS tahun ini mewajibkan peserta melewati fitur face recognition untuk menghindari perjokian.

Face recognition adalah salah satu jenis sistem identifikasi “biometrik”. Sistem ini mengidentifikasi seseorang dengan fitur-fitur khusus pada tubuh maupun DNA yang membedakan satu orang dengan orang lainnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya