Wagub Kalteng Minta Hasil Food Estate Berkualitas.

Palangka Raya, KP – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo mengharap kan dan hasil produksi food estate berkualitas tinggi, sehingga berdata saing dipasaran.

Harapan dan permintaannya itu ia sampaikan saat peninjauan lahan pengembangan Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Sabtu (25/9). Wagub didampingi Plt.Sekda dan Forkumpimda Kalteng, serta pejabat terkait lainnya.

Diungkapkan, Pemerintah Pusat telah mempercayakan Kalteng melaksanakan program pengem bangan food estate sebagai daerah yang diharapkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa.

Program tersebut dirancang untuk mempersiapkan ketahanan pangan nasional dalam rangka merespon laporan Food and Agriculture Organization (FAO).

Wagub Edy Pratowo menyatakab harapan agar food estate di Kalteng selain bisa menjadi kebutuhan pangan nasional, hasil produksinya harus memiliki kualitas yang baik.

Selain diharapkan bisa menjadi kebutuhan pangan nasional, juga bisa di ekspor, “yang penting kita mengaris bawahi, hasil produksi padi kita mampu bersaing”, ujarnya.

Berita Lainnya

Pemprov Kalteng Raih 3 Penghargaan BKN

1 dari 955

Mampu bersaing dalam arti kata padi ini setelah diolah menjadi padi yang memiliki kualitas baik sama seperti padi-padi lainnya”, ucap Wagub.

H. Edy Protowo juga menyatakan pemilihan varietas sampai dengan produksi perlu dilihat untuk mendapatkan hasil yang baik.

Jangan sampai nanti begitu sudah di produksi, satu atau dua bulan padinya pecah. Dalam hal ini kadar kekeringan harus dijaga, diperlukan juga Rice Milling Unit (RMU), supaya arah produksi bisa kita pertahankan dan “kedepannya bisa bekerjasama dengan bulog dan lembaga pangan lainnya”, jelas Edy.

Kawasan lokasi lumbung pangan di Kalteng berada di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

Pengembangan di Kabupaten Pulang Pisau dilakukan di lahan seluas 10 ribu Ha dan Kabupaten Kapuas di lahan 20 ribu Ha.

Sebagai informasi, bukan hanya padi yang dikembangkan di Food Estate. Melainkan juga beberapa komoditas lain, seperti jeruk, bawang merah, dan kelapa serta ada juga budidaya ikan.(drt/k-10).

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya