Dukung Food Estate, Dikoordinasikan Kesiapan Infrastruktur Transportasi Sungai

Banjarmasin, KP – Komisi III DPRD Kalsel melakukan koordinasi kesiapan infrastruktur transportasi sungai dalam mendukung program Food Estate di Kalteng.

“Kita perlu mengkoordinasikan kesiapan infrastruktur transportasi sungai dalam mendukung program Food Estate di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau,” kata Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel, Gusti Abidinsyah kepada wartawan, kemarin.

Hal tersebut diungkapkannya kunjungan kerja ke Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVI Kalteng pada 3-5 Oktober 2021 lalu di Palangka Raya.

Abidinsyah mengungkapkan, program Food Estate di Kapuas dan Pulang Pisau, merupakan program nasional dalam upaya penyediaan dan ketahanan pangan Indonesia perlu pula mendapatkan dukungan daerah atau provinsi tetangga yaitu Kalsel.

“Diperlukan koordinasi kesiapan infrastruktur transportasi sungai yang merupakan penopang angkutan darat guna kelancaran program Food Estate,” tambah politisi Partai Demokrat.

Berita Lainnya
1 dari 4.637

Diungkapkan, persoalan infrastruktur transportasi sungai harus menjadi perhatian, karena penggunaan jalur selain masih dominan dalam menghubungkan kedua provinsi bertetangga.

“Juga lebih efesien dan efektif, disamping menggunakan angkutan jalan darat,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel II, yakni Kabupaten Banjar.

Abidinsyah menambahkan, transportasi jalan darat antara Kalteng dan Kalsel baru pada 1996 lalu, yang sebelumnya menggunakan angkutan air atau sungai.

“Kita perlu mempertimbangkan angkutan sungai untuk mendukung kelancaran transportasi,” jelas Abidinsyah, yang memimpin rombongan Komisi III DPRD Kalsel tersebut.

Pada waktu bersamaan, anggota Komisi III DPRD Kalsel dengan pimpinan rombongan Fahrin Nizar melakukan studi komparasi ke Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jawa Timur untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan pembangunan jalan. (lyn/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya