Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Gantole kurang Beradaptasi

×

Gantole kurang Beradaptasi

Sebarkan artikel ini
Gantole gagal, kurang adaptasi. (Kp/zakiri)

Sentani, KP – Kiprah Tim Gantole Kalimantan Selatan (Kalsel) di ajang PON XX 2021 Papua tak semulus rencananya.

Walaupun bukan menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) unggulan untuk meraih medali, namun tekad mereka untuk mewujudkan medali untuk Banua sudah terencana jauh hari.

Android

Sayang, masalah adaptasi menjadi kendala terbesar tim asuhan Syamsuri tersebut. Tiba di Papua sehari menjelang pertandingan adalah suatu masalah awal yang harus mereka hadapi sejak awal.

Mereka berangkat menuju Papua pada tanggal 20 September 2021 dan tiba keesokan harinya, mereka langsung menjalani teknikal meeting.

“Tentu ini adalah waktu persiapan yang sangat singkat bagi kami, tanpa harus melihat bahkan mencoba lapangan terlebih dahulu,” ucap pelatih Gantole, Syamsuri.

Hasilnya, di kelas KTM B perorangan (Ketepatan Mendarat) dua atlet Kalsel, Roki Rogalo Saputra dan Ilham Firmansyah tidak mampu berbuat banyak.

Roki berada di urutan 14 dengan perolehan poin 3711, sedangkan Ilham berada di urutan 18 perolehan poin lebih banyak yakni 4213 poin.

Di kelas KTM B Beregu, duet Roki dan Ilham pun hanya mampu berada di peringkat ke-8 karena mengoleksi poin terlalu banyak yakni 7924.

Lalu di nomor RTG (Race to Goal) atau lintas alam Roki berada di urutan 18 dengan perolehan 521. Sedangkan untuk Ilham mampu mengumpulkan poin lebih banyak, 568 dan berada di peringkat ke-15.

Disisi lain, atlet gantole Kalsel, Ilham Firmansyah mengungkapkan bahwa kondisi lapangan di Papua kali ini jauh dari standar pertandingan terbang, khususnya di nomor RTG. Karenanya ada dua atlet yang mengalami cedera cukup parah.

“Saya kira tempat landing, tempat darurat dan sistem realist start yang tidak di satu titik, adalah kekurangan penyelenggaraan PON Papua cabor gantole tahun ini,” ungkapnya.

“Untuk sekelas PON, tentu tidak ideal, ditambah adaptasi kami sangat terbatas disini, semoga di kejuaraan selanjutnya yang lebih layak kami mampu membuat prestasi untuk Kalsel,” tutupnya. (Zak/K-9)

Iklan
Iklan