Melalui Sport Tourism, Bang Hasnur Akan Gandeng UMKM untuk Tingkatkan Perekonomian

Banjarmasin, KP – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, M. Arsjad Rasjid resmi melantik pengurus periode 2021-2026, Rabu (20/10/2021). Salah satu putra daerah Kalimantan Selatan (Kalsel) turut dilantik dalam kepengurusan, yakni Hasnuryadi Sulaiman.

Tokoh muda Kalimantan Selatan yang akrab disapa Bang Hasnur ini mengemban jabatan sebagai Ketua Komite Tetap Bidang Industri Penyelenggaraan Olahraga. Diket, CEO PS Barito Putera itu memang sudah tak asing lagi di dunia olahraga.

“Pertama sekali, saya bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala atas amanah yang diberikan ini,” ujarnya, usai mengikuti pelantikan secara virtual yang disiarkan langsung dari East Java Ballroom, Hotel The Westin, Jakarta.

Menurutnya, tugas barunya itu memiliki proyeksi peningkatan ekonomi melalui Sport Tourism. Sesuai namanya, sport tourism merupakan wisata yang dikombinasikan dengan olahraga. Sport tourism di Kadin sendiri meliputi golf, sepeda, maraton, olahraga air, dan otomotif.

“Tugas saya di industri olahraga dengan populasi yang sangat besar ini adalah sebuah kesempatan untuk kita membangun sebuah industri olahraga,” ungkapnya.

Lalu, seperti apa potensi industri olahraga di Kalsel sendiri? Menurut Bang Hasnur, Kalsel memiliki banyak wadah wisata olahraga yang dapat dikembangkan kedepannya.

Berita Lainnya
1 dari 2
loading...

Diantaranya, olahraga air seperti Arung Jeram di Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Selain itu, masih banyak lagi tempat-tempat lain untuk dikembangkan menjadi industri olahraga dan ekowisata.

Kemudian, lanjutnya, olahraga sepeda melintasi kawasan pegunungan Meratus, seperti Tour de Loksado 2021 yang belum lama tadi digelar Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Belum lagi di bidang otomotif, misalnya even motor trail.

“Tujuan kita membangun industri olahraga ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama menggandeng dan melibatkan UMKM. Itu yang ditekankan Ketua Umum Bapak M. Arsjad Rasjid saat pelantikan tadi,” imbuhnya.

Anak ke-4 pasangan tokoh banua mendiang H Abdussamad Sulaiman HB (Haji Leman) dan Hj Nurhayati ini, mengatakan, dalam waktu dekat ini akan berkoordinasi dengan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Dirinya ingin secepatnya mengembangkan program-program bidang industri olahraga potensial di Kalsel dengan pemerintah setempat.

“Pastinya, kami akan berkomunikasi dengan Paman Birin sebagai kepala daerah, untuk pengembangan sport tourismnya seperti apa, karena kita mengetahui beliau juga sangat menyukai olahraga dan sport tourism juga menjadi pilihan beliau,” tutupnya. (opq/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya