April 2022, Puskesmas Sungai Andai Baru Bisa Beroperasi

Banjarmasin, KP – Warga Kelurahan Sungai Andai harus bersabar sampai tahun depan untuk bisa merasakan fasilitas kesehatan berupa Puskesmas di wilayahnya.

Pasalnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin Machli Riyadi mengatakan, kemungkinan layanan Puskesmas yang sudah lama diimpikan oleh warga itu baru bisa beroperasi pada April 2022.

Hal itu dikarenakan progres pengerjaan fisik bangunan puskesmas yang menelan anggaran sebesar Rp 57 Miliar itu baru selesai pada pertengahan Desember 2021.

“Target penyelesaian pembangunan Puskesmas ini tanggal 15 Desember,” ucapnya saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon, Sabtu (13/11) kemarin.

Selain itu, menurutnya, sebelum operasional puskesmas dijalankan, pihaknya tentu terlebih dahulu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana dan prasana.

Berita Lainnya

Bisa Bikin E-KTP Lewat Mesin

1 dari 3.934

“Dan itu butuh waktu kurang lebih 3 bulan untuk menyiapkan seluruhnya. Jadi paling tidak April baru bisa dioperasionalkan,” tukasnya.

Mantan Wadir Administrasi dan Keuangan RSJ Sambang Lihum Kalsel itu menjelaskan, pihaknya bakal menugaskan sebanyak 35 orang nakes di Puskesmas Sungai Andai itu untuk melayani keluhan kesehatan warga.

“Itu sudah termasuk dokter, perawat dan bidan dan seluruh profesi lainnya yang menunjang kinerja Puskesmas,” tambahnya.

Kendati demikian, Jubir Satgas Covid-19 Kota Banjarmasin itu mengklaim, bahwa saat ini progres pengerjaan bangunan fisik puskesmas yang berlokasi di kawasan Komplek Herlina Perkasa, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara itu saat ini sudah mencapai angka 85%.

“Alhamdulillah progresnya sudah sesuai dengan target, semoga bisa selesai tepat waktu,” ujarnya.

Puskesmas Sungai Andai ini, kata Machli tidak melayani pelayanan rawat inap, aiias hanya melayani masyarakat yang melakukan rawat jalan.

Menurutnya, dengan berdirinya puskesmas ini tentu dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan khususnya bagi warga Kelurahan Sungai Andai yang merupakan kawasan padat penduduk. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya