Iklan
Iklan
Iklan
Hulu Sungai Selatan

Disnaker KUKMP HSS Gelar Pelatihan Dinamo Starter

×

Disnaker KUKMP HSS Gelar Pelatihan Dinamo Starter

Sebarkan artikel ini
SIMBOLIS - Bupati HSS Achmad Fikry menyerahkan alat kerja bagi peserta pelatihan dinamo starter. (KP/Ist)

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry membuka pelatihan dinamo starter, Jumat (19/11/2021) di Gedung Pramuka, Jalan Mawar, Kandangan.

Sebanyak 10 pemuda yang lulus seleksi dan sudah mengikuti vaksinasi Covid-19, diberi pelatihan oleh instruktur lokal dari SMKN 2 Kandangan. Pelatihan dilaksanakan pada 19 sampai 28 Nopember 2021, di Workshop Tenaga Kerja, Jalan A Yani, Kandangan.

Android

Kepala Disnaker KUKMP Kabupaten HSS Hendro Martono mengatakan, kegiatan bertujuan menekan angka pengangguran. Meskipun ungkapnya, angka pengangguran terbuka di HSS hanya 2,42 merupakan paling kecil di Kalsel berdasarkan data BPS, pihaknya tetap berupaya melakukan pendampingan ketenagakerjaan.

“Ada banyak program pelatihan yang akan kita terus lancarkan. Karena bagi kami, pengangguran yang ada saat ini bisa masuk ke dunia kerja itu medianya adalah skill atau keahlian. Kalau mereka sudah punya skill, ini akan memudahkan mereka terserap dalam lapangan kerja,” tuturnya.

Setelah dilatih terangnya, peserta tetap diberikan pendampingan sampai mampu mendapatkan pekerjaan, hingga menciptakan lapangan kerja baru.

Bupati HSS Achmad Fikry berharap, peserta pelatihan pengetahuan dan keterampilan operasional dinamo starter, bisa menciptakan lapangan kerja baru.

“Pelatihan tidak sekadar pelatihan, mereka juga dibekali alat kerja, harus mempunyai kemauan untuk menciptakan lapangan kerja,” tutur Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan 10 sertifikat tanah dari 91 UMKM yang proses sertifikatnya sudah diselesaikan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Sertifikat yang merupakan hak atas tanah itu terangnya, bisa dijadikan potensi untuk meningkatkan usaha semisal menjadi agunan perbankan. (tor/K-6)

Iklan
Iklan