Dispar Tala Gelar Bimtek Pemandu Wisata

Pelaihari, KP – Pesatnya perkembangan pariwisata di Tanah Laut (Tala) dalam beberapa tahun terakhir perlu dibarengi dengan hadirnya para pemandu wisata guna memudahkan para wisatawan dalam kunjungan mereka ke objek wisata di Kabupaten Tala. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Tala H. M. Rafiki Effendi ditemui usai membuka acara bimbingan teknis (Bimtek) pemandu wisata (tour guide) di Aula Sinar Hotel Pelaihari, Rabu (17/11/2021).

Kepala Dispar Tala H. M. Rafiki Effendi menyampaikan bahwa pelatihan dan pengembangan pengetahuan kepada para pemandu wisata ini sebagai persiapan menyambut derasnya perkembangan pariwisata di Tala. Ia sampaikan pula bahwa potensi wisata di Kabupaten Tala yang besar dan beragam menjadi peluang ekonomi bagi para pemandu wisata.

“Kami berharap bimbingan teknis ini bisa menjadi modal untuk memperkaya pengetahuan kepariwisataan oleh para pemandu wisata. Mereka disiapkan untuk membantu para wisatawan saat berada di objek wisata, sehingga nanti tidak ada wisatawan yang kebingungan saat tiba di objek wisata,” kata Kadispar Tala.

Berita Lainnya
1 dari 541

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kelembagaan dan Kerjasama Pariwisata Dispar Tala Siti Mukaromah menyampaikan bahwa kegiatan bimtek yang digelar selama dua hari ini merupakan lanjutan dari pelatihan pemandu wisata sebelumnya. Selanjutnya para pemandu wisata ini akan mendapatkan sertifikasi sebagai pemandu wisata di Kabupaten Tala.

“Para pelaku tour guide ini orientasinya bukan hanya sekedar penunjuk jalan wisatawan saja, tapi mereka juga mampu memberikan edukasi kepada wisatawan bahwa ada rambu-rambu yang harus dipatuhi saat berada di objek wisata, minimal edukasi tentang aktivitas-aktivitas yang berdampak negatif terhadap lingkungan dan sosial budaya masyarakat sekitar objek wisata,” kata Siti Mukaromah.

Kegiatan bimtek ini diikuti sebanyak 30 orang peserta yang terdiri dari perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Pengelola Objek Wisata Swasta, perwakilan pelajar dan unsur masyarakat. Materi bimtek disampaikan oleh perwakilan Dispar Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), perwakilan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Daerah Kalsel dan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Daerah Kalsel. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya