Pemkab HSS Upayakan Relokasi Rumah Korban Jebolnya Tanggul Sungai

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry mengunjungi lokasi musibah akibat jebolnya tanggul siring sungai, Selasa (16/11/2021) di Desa Lungau, Kecamatan Kandangan.

Jebolnya tanggul sungai itu menerjang dan membuat tiga buah rumah warga, lahan pertanian dan perkebunan menjadi tergenang. Pemilik rumah beserta barang berharga pun, terpaksa diungsikan ke tempat aman.

Tanggul yang dikelola Balai Wilayah Sungai Kalimantan tersebut jebol pada Senin (15/11/2021) kemarin, dan Pemkab HSS telah melaporkannya.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, Pemkab HSS akan berupaya memikirkan dan memberikan bantuan kepada para korban.

Berita Lainnya
1 dari 633

Terutama mengupayakan relokasi rumah, dengan secepatnya berkoordinasi dengan SOPD terkait untuk mencarikan jalan keluarnya.

“Kami prihatin dengan para korban yang terdampak, dan bersyukur mereka bersedia rumahnya direlokasi. Tinggal nantinya akan kita pikirkan bersama untuk penyelesaiannya,” ucapnya.

Bupati mengungkapkan, pihaknya ingin dibikinkan portal sungai, untuk mengontrol dan memilah sampah ranting, agar bisa mengangkat dengan alat berat di sekitar jembatan utama.

Peninjauan itu turut didampingi Kepala Satpol PP dan Damkar HSS Iwan Friady, Kalakhar BPBD HSS Syamsudin, serta Camat Kandangan Lothvie Rahmani. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya