Rumah di Kelayan A Ambruk pada Siang Hari

BANJARMASIN, KP – Warga Kelayan A digegerkan dengan ambruknya sebuah rumah bertingkat dua di Jalan Kelayan A, RT 2, Kelurahan Kelayan Luar. Rumah itu mendadak pondasinya roboh ke belakang ke arah sungai, Sabtu (27/11/2021) sekitar pukul 10.30 Wita.

Supiannor (54) warga setempat yang berada tidak jauh dari lokasi kejadian, mengatakan, rumah tersebut dihuni oleh satu keluarga.


”Tidak tahu juga kenapa tiba-tiba roboh,” ujarnya.

Namun, sebelumnya kata Supiannor, penghuni rumah tersebut sedari pagi sudah mulai mengeluarkan sebagian isi rumah, seperti lemari dan perabotan lainnya.

“Saya dari pagi melihat penghuni sudah mengeluarkan barang-barang. Menurut saya mereka sudah mengetahui akan terjadi seperti ini,” tuturnya.

Berita Lainnya
1 dari 2.164
loading...

Pemilik rumah roboh itu, H Baihaqi, menuturkan, bahwa beberapa hari lalu dirinya sudah merasakan ada pondasi bagunan rumah yang bergeser.

“Malam Jumat (26/11/2021) lalu, saat air sungai pasang masuk rumah sekitar 20 centimeter, memang terdengar suara pondasi yang bergeser,” jelasnya.

Menurutnya, pergeseran pondasi itu diduga akibat air Sungai Kelayan yang pasang sejak dua pekan lalu, mengakibatkan licinnya pondasi sehingga terjadi pergeseran.

“Sejak dua hari lalu, saya bersama keluarga yang berjumlah tujuh orang dan tinggal bersama secara bertahap sudah mengeluarkan sebagian barang, tapi terkendala air pasang,” tuturnya.

Lebih lanjut, H Baihaqi mengungkapkan bangunan rumah tersebut sudah berdiri sejak tahun 1960 dengan bahan kayu ulin. Namun, di tahun 2002 dilakukan renovasi dan dijadikan kios pulsa untuk tempat usaha keluarga.

“Untuk sementara ini saya akan tinggal di tempat keluarga,” pungkasnya. (fik/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya