Tiga Rumah di HSS Diterjang Luapan Jebolnya Siring Sungai

Kandangan, KP – Siring sungai atau tanggul jalan jebol, tiga buah rumah di Desa Lungau Rt 3 Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) diterjang luapan air, Senin (15/11/2021).

Pemilik rumah terdampak atas nama Nurlina (56 tahun) yang dihuni tiga orang, Hamsan (23 tahun) bersama istrinya, serta rumah Hamlan (29) yang tempati bersama anak dan istri, dan keluarga Supiani (31).

Dalam beberapa hari belakangan, hujan ringan hingga sedang dengan durasi cukup lama sering melanda Kabupaten HSS. Akibatnya, debit air Sungai Amandit cukup tinggi.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSS Syamsudin menjelaskan, siring sungai atau tanggul jalan jebol tersebut diduga karena tidak kuat membendung derasnya arus Sungai Amandit.

Berita Lainnya
1 dari 633

Ia mengungkapkan, kondisi rumah yang terdampak masih tergenang, tetapi tidak mengalami kerusakan.

Korban atau warga pemilik rumah yang terdampak, saat ini sudah dilakukan evakuasi beserta barang berharga lainnya. Evakuasi dilakukan bersama TNI, Polri, relawan emerjensi, dan pemadam kebakaran.

“Sudah kami evakuasi, sekarang korban telah berada rumah keluarganya,” ucapnya, saat dikonfirmasi di lokasi kejadian.

Sampai malam hari, cuaca Kabupaten HSS masih cerah dan kemungkinan tidak terjadi peningkatan debit air sungai. Kedalaman sungai pun berangsur mulai turun.

Syamsudin mengimbau masyarakat yang tinggal di lereng atau tebing, maupun bantaran sungai segera evakuasi diri ke tempat yang lebih aman. Terutama, jika terjadi hujan satu jam berturut-turut dengan intensitas sedang hingga tinggi. (tor/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya