Warga Dilatih Buat Handsanitizer Berbahan Alami

Banjarmasin, KP – Fakultas Kedokteran ULM memberdayakan masyarakat lewat pelatihan pembuatan hand sanitizer dan pemasaran online untuk produk dihasilkan, bertempat di Dasawisma Kenanga Kota Banjarmasin.

”Mitra kegiatan bersama TP PKK Kelurahan Sungai Miai. Dilaksanakan secara luring dengan jumlah peserta 15 orang pada 4 Oktober 2021 kemarin,” kata anggota tim pengabdian masyarakat Dr dr Siti Wasilah, kepada KP, Kamis (18/11) di Banjarbaru.

Dijelaskannya, kegiatan produksi hand sanitizer berbahan alami pada masa pandemi ini dilaksanakan dengan praktik langsung oleh narasumber yang diikuti peserta. Peserta dibagi 3 kelompok. Alat, bahan dan cara pembuatan sesuai standar WHO.

Dijelaskannya, kekurangan dari penggunaan bahan kimia tentu perlu kehati-hatian proses pengolahannya dan tidak selalu mudah ditemukan. Jadi selain dengan bahan seperti diuraikan WHO, hand sanitizer dapat dibuat menggunakan bahan alam yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar.

Berita Lainnya
1 dari 3.937

”Seperti daun sirih dan jeruk nipis,” katanya.

Selain itu, pada masa pandemi ini sebagian masyarakat juga terdampak perekonomiannya. Pelatihan pemasaran online untuk produk dihasilkan juga menjadi peluang usaha dan meningkatkan perekonomian warga.

”Diharapkan peserta memproduksi hand sanitizer dan membuat akun online untuk penjualan produknya serta mampu melakukan promosi,” pesannya.

Rekomendasi untuk TP PKK Sungai Miai agar tetap mengembangkan produksi dan pemasaran produk dengan inovasi lainnya.

Adapun anggota lain tim pengabdian masyarakat ini, yakni Dr Meitria Syahadatina Noor dr MKes, Andini Octaviana Putri SKM MKes dari Program Studi Kedokteran Program Sarjana FK, Prodi Kesehatan Masyarakat Program Magister FK dan Prodi S1 Kesehatan Masyarakat FK. Selain itu kegiatan juga dibantu mahasiswa Prodi Kesmas Program Magister FK ULM. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya