WUB Solusi di Masa Pandemi Covid-19

Banjarmasin, KP – Pelatihan Entrepreneurship Wira Usaha Baru (WUB) Pemuda, yang dilaksanakan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Banjarmasin, berakhir, Rabu (17/11).

Kegiatan selama 3 hari, dari tanggal 15 November 2021, di Meredium Hotel Nasa, Banjarmasin tersebut, ditutup secara resmi Sekretaris Dispora, Drs Muhlis Ridha, mewakili Kepala Dispora Kota Banjarmasin, Muhammad Taufik Rivani.

Dalam sambutan penutupannya, Muhlis menyatakan, di masa pandemic Covid-19 ini dunia kerja sangat sulit di dapatkan. Hal ini diperparah dengan terbatasnya ketersediaan lapangan pekerjaan.

Kehadiran Wira Usaha Baru (WUB), lanjutnya, menjadi salah satu solusi yang ditawarkan Pemko Banjarmasin untuk mengisi dan menciptakan lapangan kerja baru.

“Justru WUB akan mempunyai peluang yang lebih besar, mengingat di masa pandemi, para UMKM, termasuk WUB-lah yang tetap bertahan dalam menjalankan usaha,” ujarnya.

Apalagi, bebernya, di masa digital ini, WUB tidak perlu mempunyai toko, tetapi hanya menjalankan usahanya melalui media online.

Makanya, ia berharap, para peserta pelatihan ini dapat memanfaatkan hasil pelatihan untuk membuka dan menjalankan usahanya.

Secara terpisah, Kabid Pengembangan Pemuda, Dispora Kota Banjarmasin, Zulfaizal Putra, menjelaskan,

dengan ditutupnya, kegiatan Pelatihan Entrepreneurship dengan jumlah peserta sekira 100 orang ini, merupakan rangkaian akhir seluruh program kegiatan tahun anggaran 2021 di bidang yang dikepalainya.

Berita Lainnya
1 dari 3.945

“Seratus orang peserta pelatihan tersebut merupakan gabungan dari 5 kegiatan pelatihan Keterampilan WUB Pemuda sebelumnya, seperti Desain Produk yang diikuti 20 peserta di rumah Anno tanggal 27-29 September 2021. Kemudian Service Handphone 20 peserta, di Central Service Hp, 04-07 Oktober 2021.

Service Computer, 20 peserta, 11-15 Oktober 2021 di MA SMIP 1946. Public Speaking, 20 peserta, 21-23 Oktober 2021, di AS Academy By Raisanty, dan Pelatihan Camilan dan Kue Kering, 20 peserta, 08-12 Nopember 2021 di Rumah Makan Yana Yani,” jelasnya.

Sebelumnya, terangnya, bidang yang dipimpinnya juga telah melaksanakan beberapa kegiatan tahunan yang tujuannya juga untuk mendukung visi dan misi Pemko Banjarmasin untuk menjadikan kota berjuluk seribu sungai sebagai Kota Baiman dn Lebih bermartabat.

Seperti di bulan Maret 2021 pihaknya telah melaksanakan Sosialisasi Pemilihan Pemuda Pelopor Kota Banjarmasin tahun 2021. Kegiatan selama 3 hari itu dilaksanakan dari tanggal 16, hingga 18 Maret 2021 di Rumah Anno Banjarmasin, dan diikuti OKP, Mahasiswa, dan Pelajar.

Selanjutnya, kegiatan Pemilihan Pemuda Pelopor-nya sendiri dilaksanakan pada tanggal 3 dan 8 Juni 2021, dalam dua tahapan, pertama babak Penyisihan dan babak Final, dan mengantarkan warga Banjarmasin, Dhea Maulida menjadi juara 2 tingkat nasional untuk bidang Pangan pada bulan Oktober 2021 lalu.

Kegiatan lainya adalah Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021, yang diawali dengan Dialog Pemuda pada tanggal 26 Oktober. Sekira 150 pemuda dari lima kecamatan dan OKP hadir di acara yang dilaksanakan di Meredium Hotel Nasa.

Di hari puncaknya pada tanggal 28 Oktober dilaksanakan secara terbatas di Aula Kayuh Baimbai, dengan Komandan Upacara Wali Kota Banjarmasin.

Sementara itu, pada 4 s.d. 7 Nopember 2021, Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Banjarmasin mendukung sepenuhnya kegiatan Silatnas DPD KNPI Kabupaten Kota se-Indonesia.

Setidaknya 200 orang peserta hadir dalam kegiatan di Hotel Aria Barito dan Mahligai Pancasila sebagai tempat pembukaannya.

“Terselenggaranya seluruh rangkaian kegiatan Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kota Banjarmasin ini, tentu tak lepas dari dukungan sepenuhnya dari Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, Kepala Dispora Kota Banjarmasin, Muhammad Taufik Rivani, seluruh Kabid, Kasubag, karyawan di Dispora, Kasi dan Tata Laksana di Bidang Pengembangan Pemuda yang telah bekerja keras dan bekerja sama dengan baik sehingga semua kegiatan dapat berjalan lancar dan mencapai hasil yang diinginkan,” pungkas pria yang akrab disapa Pak Zul. (Diskominfotik/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya