Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
EKONOMI

Fenomena Boneka Arwah Belum Sampai ke Banjarmasin

×

Fenomena Boneka Arwah Belum Sampai ke Banjarmasin

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin, KP – Belakangan ini publik di tanah air sedang ramai membicarakan boneka arwah atau lebih dikenal dengan spirit doll. Di kalangan artis dan orang-orang berada, mengadopsi boneka arwah dan dijadikan seperti anak sendiri, menjadi trend saat ini.

Lantas, apa itu spirit doll dan berapa harganya di pasaran?

Spirit doll adalah boneka yang menyerupai bayi atau anak-anak, yang diperlakukan layaknya bayi, diberi makan, berpakaian dan digendong. Hal ini juga diyakini sebagian kalangan akan membawa keberuntungan atau rezeki dan karir.

Bahkan, boneka yang awalnya hanya sarana untuk bermain ini, telah berubah. Boneka arwah dijadikan layaknya anak manusia sungguhan, diberi nama, pakaian, diajak bicara dan perlakuan lainnya.

Harga boneka arwah ini dijual bervariasi, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hanya saja, fenomena mengadopsi boneka arwah belum merambah sampai ke Banjarmasin.

Seperti diungkapkan Sanah, pedagang boneka di kawasan Pasar Baru, Jalan Pangeran Samudera Banjarmasin, yang belum menjual boneka tersebut .

“Saya juga baru tau ada boneka arwah dari pemberitaan di televisi dan media sosial. Kebanyakan sih artis yang memilikinya. Setahu saya, harganya mahal sampai jutaan rupiah. Tapi, saya belum melihat secara langsung juga bagaimana bentuknya,” ujarnya.

Menurut Sanah, dirinya juga penasaran bagaimana bentuk dan rupa boneka arwah itu, karena ia belum pernah sama sekali menjualnya. Apalagi, hingga saat ini belum ada warga Banjarmasin yang mencari atau memesan boneka tersebut.

“Sepertinya, boneka arwah itu hebohnya di Jakarta atau kota-kota besar di Indonesia saja, belum merambah ke Banjarmasin,” katanya.

Namun, ia mengakui akan ikut menjualnya jika ada permintaan dari konsumen di Banjarmasin. Sebagai pedagang, ia tentu akan memanfaatkan peluang bisnis yang sedang trend saat ini.

Baca Juga:  Dukung Distribusi Energi Jelang Idul Fitri, PTK Pastikan Ketersediaan Marine Services dan Armada Optimal

“Kalau saat ini di Banjarmasin, boneka berbentuk guling atau bantal yang lagi ramai. Tapi, kalau nanti banyak yang mencari boneka arwah, kami akan pesan juga untuk dijual,” terangnya.

Di sejumlah marketplace, Harga boneka arwah ini dijual bervariasi, tergantung ukuran dan jenisnya. Semakin antik, maka harga yang harus dibayarkan semakin mahal, hingga tembus puluhan juta rupiah.

Yang terbilang murah, seperti Keza Spirit Doll keberuntungan, dengan harga Rp 333 ribu. Boneka ini disebut dengan si gadis kecil cantik yang cerdas dan sedikit nakal. Selain itu, Keza Spirit juga memberi energi pengasihan, keberuntungan, kecerdasan dan proteksi.

Kemudian Spirit Doll Mini boy child berukuran 11 cm dibanderol dengan harga Rp 595 ribu. Dalam kotak deskripsi disebutkan boneka arwah ini adalah spirit anak-anak yang sudah diritualkan untuk masuk ke dalam suatu wadah dan menjadi spirit yang baik. (Opq/K-1)

Iklan
Iklan