Kenali, Pahami dan Jaga APBN Sejak Usia Muda

Banjarmasin, KP – Sejumlah mahasiswa dan siswa di Kota Banjarmasin mengikuti sosialisasi dan edukasi dalam event Customs Goes to Campus/School yang digelar Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kalimantan Bagian Selatan (Kalbagsel) bersama Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin.

Dalam kegiatan yang digelar secara online selama dua hari, sejak Selasa (22/02) sakpai dengan Rabu (23/02) itu diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari Universitas Lambung Mangkurat dan perwakilan siswa dari SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 7 Banjarmasin.

Kabid Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Kanwil DJBC Kalbagsel, Taufik Ismail menjelaskan, event yang bertajuk ‘APBN Week’ itu merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara serentak oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan di seluruh Indonesia pada rentang waktu 21-25 Februari 2022.

Dimana pesertanya adalah para mahasiswa dan pelajar dengan tema mengenalkan APBN, memahami APBN dan menjaga APBN.

“Karena itu acara ini pun mempunyai tagline Kenal, Paham, dan Jaga APBN Negeri,” ucapnya pada awak media, Kamis (24/02) siang.

Taufik menuturkan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini tidak lain agar mahasiswa dan pelajar yang merupakan harapan masa depan bangsa, semakin mengenal dan memahami tentang arti APBN.

Sehingga akan menumbuhkan kepedulian untuk ikut berperan aktif menjaga pelaksanaan APBN agar sesuai dengan program pembangunan yang telah ditetapkan.

Pasalnya, dalam masa pandemi ini, APBN memikul beban berat terhadap jalannya roda perekonomian dan pembangunan serta terkait masalah kesehatan masyarakat dalam menghadapi pandemi secara kesinambungan.

Seperti yang disampaikan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, bahwa menyelamatkan nyawa dan perekonomian bukanlah dua hal yang terpisah. Sehingga negara tidak ingin memilih pilihan yang tidak mungkin, karena dua-duanya penting bagi masyarakat.

Berita Lainnya
1 dari 4.932
loading...

Disampaikannya, bahwa sebagai instansi vertikal Kementerian Keuangan, DJBC mempunyai kewajiban untuk memberikan informasi dan edukasi mengenai APBN kepada masyarakat dan juga mengenai peran DJBC dalam APBN.

“Khususnya terkait dengan fungsi penerimaan negara,” pungkasnya.

Disamping itu, Kepala KPPBC TMP B Banjarmasin, Kurnia Saktiyono berharap dengan adanya kegiatan customs goes to campus/school ini, bisa membuat mahasiswa mampu memahami bahwa belanja negara dibiayai oleh APBN.

“Termasuk aparat pengumpul pajak, baik Direktorat Jenderal Bea dan Cukai maupun Direktorat Jenderal Pajak, berusaha bersinergi dan berkolaborasi untuk memaksimalkan potensi penerimaan negara,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Dekan 1 Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, Hj. Zakiyah mengaku bahwa pihaknya sangat menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Meskipun terkendala kegiatan kampus yang saat ini masih online sehingga acara berlangsung secara daring,” ujarnya.

“Karena itu, kkta berharap agar acara APBN Week ini bisa menumbuhkan kesadaran bagi para mahasiswa sebagai generasi muda untuk memahami penggunaan dan pemanfaatan APBN serta peran APBN untuk negeri kita,” tambahnya.

Kemudian, dari perwakilan sekolah, Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Banjarmasin, Arusliadi, sangat mendukung atas terselenggaranya acara APBN Week ini.

“Ini jadi kesempatan berbagi ilmu dan pengalaman kepada para siswa yang memerlukan narasumber atau praktisi di bidangnya,” katanya.

Kedepannya, Arusliadi berharap Kanwil DJBC Kalbagsel selanjutnya dapat memberi ruang kepada sekolah dan para siswa untuk lebih mengetahui tentang peran, tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. (Kin/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya