Pagelaran Karya Kreatif Borneo untuk Bangkitkan UMKM

Banjarbaru, KP – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memberikan apresiasi kepada Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Kalsel atas partisipasi dan dukungan pengembangan UMKM Kalimantan Selatan melalui Pagelaran UMKM Karya Kreatif Borneo.

Dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar membuka Pagelaran UMKM Karya Kreatif Borneo melalui virtual, di Command Center Kalsel, di Banjarbaru, Selasa (22/2/2022).

“Berdasarkan data BPS, ekonomi Kalimantan Selatan pada triwulan IV-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,55 persen (year-on-year), lebih tinggi dari triwulan III-2021 yang sebesar 4,88% (year-on-year),” sebut Roy dalam sambutannya.

Pertumbuhan ekonomi nasional disebutkan sebesar 5,02 persen, sehingga momentum pertumbuhan ekonomi terus dijaga, dan terus didorong melalui berbagai koordinasi dan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan berbagai stakeholders.

Menurut survei Bank Indonesia, 87,5 persen UMKM terdampak pandemi COVID-19. Artinya sektor UMKM memerlukan perhatian khusus baik dari pemerintah maupun berbagai pihak.

Berita Lainnya
1 dari 1.547
loading...

“Melalui kegiatan Karya Kreatif Borneo sebagai bentuk integrasi kegiatan pengembangan UMKM se-Kalimantan dan perhatian khusus agar bangkit dari pandemi COVID-19,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Kalsel, Imam Subarkah dalam sambutannya menyebutkan jika kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah dukungan terhadap Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia di daerahnya masing-masing.

Imam juga menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020, kala pandemi COVID-19 melanda seluruh daerah di Indonesia, termasuk seluruh provinsi di pulau Kalimantan.

“Kita ketahui bersama, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 mendapat tekanan cukup berat, sejalan dengan dampak perlambatan ekonomi dunia akibat COVID-19 dan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” ujar Imam Subarkah.

Pembukaan Pagelaran UMKM Karya Kreatif Borneo ini juga diikuti oleh pelaku UMKM Kalimantan Selatan, serta seluruh provinsi di Kalimantan melalui virtual. (mckalsel/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya